Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2024, 10:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) berkomitmen merealisasikan sejumlah proyek skala besar dalam mendukung pembangunan ibu kota nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Tercatat, empat proyek yang sudah dirilis sepanjang tahun 2023. Ketiganya adalah pertama, studi bersama atau joint study agreement (JSA) antara PT Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dengan Otorita IKN (OIKN) terkait solusi berbasis alam dan ekosistem atau Nature and Ecosystem Based Solutions (NEBS).

Kolaborasi Pertamina NRE dan OIKN ini mencakup tiga aspek kunci, yaitu iklim, komunitas, dan keanekaragaman hayati.

Pada aspek iklim berkaitan dengan proyek karbon yang antara lain meliputi pertanian dan agroforestri, mitigasi dan pengendalian kebakaran hutan, hutan karbon biru, restorasi serta konservasi hutan.

Baca juga: Tiga Raksasa di Balik Transformasi HTI Jadi Hutan Hujan Tropis

Pada aspek komunitas meliputi pelibatan masyarakat lokal dalam pengelolaan hutan secara berkelanjutan, serta mendorong pengembangan sosial ekonomi di desa sekitar.

Upaya ini selaras dengan komitmen Pertamina NRE dan OIKN dalam mendukung inklusivitas serta pembangunan berkelanjutan.

Sedangkan pada aspek keanekaragaman hayati mencakup upaya konservasi dan peningkatan keanekaragaman hayati.

Berdasarkan hasil kajian preliminary yang dilakukan, inisiatif NEBS ini berpotensi menghasilkan kredit karbon sekitar 29 juta ton CO2e selama 30 tahun dari sekitar 148 ribu hektar luas area.

Sebelumnya, Pertamina NRE juga telah berkolaborasi dengan Perum Perhutani dalam mengembangkan proyek NEBS, di mana satu konsesi yang berlokasi di Kalimantan Utara telah dilakukan finalisasi studi kelayakan.

Program skala besar kedua adalah Pertamina Sustainable Energy Center (Pusat Energi Berkelanjutan). Pengembangan kawasan Pertamina Sustainable Energy Center berada dalam Wilayah Perencanaan 5 di IKN.

Sejumlah fasilitas akan dibangun, mencakup Pertamina Sustainability Academy, Pertamina Training Insititute, Pertamina Research and Innovation Center for Sustainable and Low Carbon Technologies.

Baca juga: Ada IKN, Balikpapan Makin Prospektif dan Diincar Konsumen Luar Pulau

Selain itu, Pertamina Vocational Education Center, Shared Green Infrastructure, Laboratorium, dan Sustainability Start-up Hub.

Pertamina Sustainable Energy Center ini merupakan langkah untuk mendukung program Net Zero Emission Pemerintah tahun 2060, di mana Pertamina mengembangkan pusat riset, green dan low carbon technology untuk Indonesia.

 

Selanjutnya, program besar ketiga merupakan pembangunan infrastruktur penting berupa rumah sakit, penginapan atau hotel, dan kampus IKN.

Pertamina merencanakan pembangunan fasilitas-fasilitas pendukung di IKN ini sesuai dengan bidang usaha anak perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan, hospitality, pendidikan, dan transportasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com