Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Kondisi Terkini Bandara VVIP IKN, Yakin 1 Agustus Beroperasi?

Kompas.com - 12/06/2024, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Dalam beberapa kali kunjungan kerjanya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selalu melontarkan optimisme target operasional Bandara VVIP atau Naratetama di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 1 Agustus 2024, dapat terwujud.

Optimisme terbaru dilontarkan Budi saat mengecek progres pembangunan infrastruktur konektivitas udara tersebut pada Senin (3/6/2024) atau pekan ke-25.

Baca juga: Belum Adanya Aturan Tata Kelola dan Peralihan Aset IKN Jadi Sorotan BPK

Insya Allah, Juli kita uji coba dan siap dioperasikan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti,” kata Menhub.

Keyakinan serupa dikemukakan Kepala Badan Bank Tanah (BBT) Parman Nataatmadja kepada Kompas.com, Selasa (11/6/2024).

Kepala Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja saat meninjau lokasi proyek Bandara VVIP IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (11/6/2024).KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Kepala Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja saat meninjau lokasi proyek Bandara VVIP IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (11/6/2024).
"Harus yakin dong. Karena pengadaan tanahnya sudah tuntas 100 persen. Bahkan diperluas menjadi 621 hektar, dari sebelumnya 347 hektar," ujar Parman.

Hal ini menyusul persetujuan Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku Ketua Komite BBT terhadap penambahan luasan Bandara VVIP IKN.

Baca juga: Bandara VVIP IKN Jadi, Harga Tanah di PPU Bakal Naik, Sekarang Rp 200.000 Per Meter Persegi

Perluasan ini juga sebagai bentuk komitmen BBT untuk terus mendukung akselerasi konektivitas IKN.

Dukungan penuh BBT terhadap pengembangan dan pengoperasian Bandara VVIP di IKN, telah diamanatkan dalam Perpres 31 Tahun 2023 tentang percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara VVIP IKN untuk Mendukung Ibu Kota Nusantara.

“Kami mendukung sepenuhnya agar bandara ini bisa segera dirasakan oleh semua pihak dan tentunya agar pembangunannya berjalan sesuai timeline sehingga dapat mendukung mobilitas dari dan menuju ke IKN,” tutur Parman.

Gedung Terminal dan Apron Bandara VVIP IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan TimurKOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Gedung Terminal dan Apron Bandara VVIP IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur
Parman menjelaskan, secara rinci penambahan luasan Bandara VVIP IKN seluas 73,39 hektar untuk lahan sisi udara yang terdiri dari area lereng galian, timbunan dan relokasi jalan eksisting akses masyarakat.

Baca juga: Honeywell Dukung Konkret IKN, Uji Coba Command Center Akhir 2024

Kemudian seluas 50 hektar akan dimanfaatkan sebagai lahan untuk instansi pemerintah dalam rangka pengamanan Bandara VVIP IKN.

Selanjutnya, seluas 150,58 hektar untuk area penunjang kegiatan bandar udara seperti ruang terbuka hijau, fasilitas perbengkelan pesawat, dan lain-lain.

Parman optimistis kehadiran Bandara VVIP yang ada di HPL Badan Bank Tanah akan meningkatkan daya saing IKN dan wilayah yang ada di sekitarnya.

Area pembangunan Bandara VVIP IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan TimurKOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Area pembangunan Bandara VVIP IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur
Ditambah lagi, konektivitas yang semakin baik dan mudah dijangkau, akan mendorong pertumbuhan ekonomi serta pengembangan sarana penunjang di IKN.

Kompas.com berkesempatan melihat dari dekat pembangunan fisik Bandara VVIP IKN. Tampak gedung Terminal VVIP dan VIP yang dikerjakan Kementerian Perhubungan masih dalam tahapan konstruksi struktur.

Baca juga: Susul Para Naga Properti, Agung Podomoro Bangun Hunian di IKN

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com