Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Balap Gokart Listrik Digelar di IKN Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 29/06/2024, 16:57 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lomba balap gokart listrik atau Electric Karting Race (EKR) kembali digelar.

Perlombaan ini diinisiasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga berkolaborasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Kompetisi ini akan memperebutkan Piala Menteri PUPR dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia serta kick-off rangkaian kegiatan Hari Jalan 2024.

Berbeda dengan kompetisi tahun sebelumnya, EKR 2024 akan dilaksanakan dalam dua putaran.

Putaran pertama akan diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 3-4 Agustus 2024 di Sirkuit Electric Vehicle (EV) Kementerian PUPR di Bandung, Jawa Barat.

Sementara putaran kedua akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 30 November 2024-1 Desember 2024.

Baca juga: Mobil Berbahan Bakar Bensin Dilarang Seliweran di IKN

Direktur Bina Teknik Jalan dan Jembatan Direktorat Jenderal Bina Marga Yudha Handita Pandjiriawan mengatakan, Sirkuit EV Kementerian PUPR di Bandung, Jawa Barat dibangun menggunakan 9 teknologi jalan hasil inovasi.

Rinciannya aspal karet, aspal plastik, aspal PG-70, asbuton murni, asbuton pra-campur 30, aspal porous, beton porous, timbunan FABA, dan timbunan ringan.

"Harapannya, track ini dapat dimanfaatkan oleh IMI dan komunitas kendaraan listrik untuk latihan bersama ataupun kompetisi," ucap Yudha.

Kepala Subdirektorat Teknologi dan Peralatan Infrastruktur Bina Marga Yudi Hardiana sekaligus Ketua Penyelenggara EKR 2024 menambahkan, target peserta maksimum sebanyak 50 orang yang terbagi menjadi 4 kelas.

Rinciannya, kelas mini untuk peserta berumur 7 hingga 13 tahun, kelas junior untuk peserta berumur 11 hingga 15 tahun, kelas senior untuk peserta berumur 15 tahun ke atas, dan kelas expert untuk peserta berumur 32 tahun ke atas.

"Pendaftaran peserta dibuka sejak tanggal 1 Juni 2024 dan ditutup pada 15 Juli 2024," terang Yudi.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui laman https://linktr.ee/electrickartingrace.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com