Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Electric Karting Race 2024 Digelar di IKN, Cek "Link" Pendaftarannya

Kompas.com - 30/06/2024, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan lomba balap gokart listrik atau Electric Karting Race (EKR) 2024.

Berbeda dengan kompetisi tahun sebelumnya, EKR 2024 akan dilaksanakan dalam dua putaran. Salah satunya di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Sementara, putaran pertama akan diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 3-4 Agustus 2024 di Sirkuit Electric Vehicle (EV) Kementerian PUPR di Bandung, Jawa Barat.

Adapun IKN akan menjadi tuan rumah pada putaran kedua yang akan dilaksanakan pada 30 November 2024-1 Desember 2024.

Kompetisi ini memperebutkan Piala Menteri PUPR dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, serta kick-off rangkaian kegiatan Hari Jalan 2024.

Kepala Subdirektorat Teknologi dan Peralatan Infrastruktur Bina Marga Yudi Hardiana sekaligus Ketua Penyelenggara EKR 2024 menambahkan, target peserta maksimum sebanyak 50 orang yang terbagi menjadi 4 kelas.

Baca juga: Warga Terdampak Proyek Pengendali Banjir dan Tol IKN Dapat 2 Opsi Relokasi

Rinciannya, kelas mini untuk peserta berumur 7 hingga 13 tahun, kelas junior untuk peserta berumur 11 hingga 15 tahun, kelas senior untuk peserta berumur 15 tahun ke atas, dan kelas expert untuk peserta berumur 32 tahun ke atas.

"Pendaftaran peserta dibuka sejak tanggal 1 Juni 2024 dan ditutup pada 15 Juli 2024," terang Yudi.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui laman https://linktr.ee/electrickartingrace.

"Peserta cukup menyediakan chassis, sedangkan konversi gokart dilakukan dengan kerja sama antara Kementerian PUPR dan UPI. Panitia juga akan menyediakan Battery Pack Lithium Ion (Li-NMC) dengan kapasitas total baterai maksimum 72 V 40 Ah atau 2.88 KWh untuk digunakan oleh para peserta," lanjut Yudi.

Selain mendapat piala, para pemenang juga akan mendapat hadiah uang dengan total ratusan juta rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com