Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi IKN, Dubes Inggris Dukung Konsep Kota Hutan dan Netral Karbon

Kompas.com - 26/02/2024, 08:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Duta Besar Inggris Dominic Jermey menegaskan dukungannya terhadap Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dibangun dengan konsep Kota Hutan dan Kota Netral Karbon.

Dalam kunjungannya ke IKN pada Rabu (21/2/2024), Dominic mengatakan Indonesia dan Inggris dapat bekerja sama membangun IKN ke depannya menjadi kota netral karbon yang tidak hanya dibanggakan oleh Indonesia, tapi juga masyarakat dunia.

Sebelumnya, Dominic dan jajaran telah melakukan audiensi dengan Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono di Kantor Otorita IKN, Jakarta, Senin (19/2/2024).

Dalam audiensi itu, keduanya bertukar pikiran mengenai berbagai isu penting, termasuk perubahan iklim, agenda pembangunan berkelanjutan, serta kerjasama pemerintah dan swasta.

Baca juga: Megahnya Garuda Raksasa yang Tegak Berdiri di Ibu Kota Nusantara

Pembangunan IKN sebagai Kota Hutan dirasa sejalan dengan kebijakan Pemerintah Inggris yang memprioritaskan bidang lingkungan dan iklim sebagai solusi dalam pembangunan saat ini.

Bambang menyarankan perlunya Duta Besar Ingrris dan jajaran untuk melihat langsung kondisi IKN di lapangan. “Seeing is believing,” ujar Bambang.

Sementara itu, kunjugan Dominic ke IKN ditemani Second Permanent Under Secretary at the Foreign, Commonwealth and Development Office (FCDO) Nick Dyer, dan diterima oleh Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Myrna Asnawati Safitri.

Kunjungan pertama melihat penerapan urban farming hidroponik di salah satu greenhouse.  

Sebagai salah satu upaya IKN untuk mewujudkan Net Zero Strategy, OIKN menargetkan 10 persen luas IKN sebagai kawasan ketahanan pangan yang modern dan efisien, serta resilien iklim.

Baca juga: Bocoran Proyek Botanical Garden Garapan Djarum dan Wings di IKN

Delegasi kemudian berkesempatan untuk berdialog langsung dengan para petani yang tergabung dalam Asosiasi Petani Ibukota.

Rintisan pertanian regeneratif yang resilien terhadap perubahan iklim mulai dilakukan di IKN.

Menurut Myrna, OIKN akan terus mendampingi asosiasi petani ibu kota dalam mendukung pertanian regeneratif, mulai dari pelatihan urban farming, penyediaan fasilitas pertanian yang modern, hingga pelatihan pemasaran berbasis online yang berguna untuk memperluas cakupan daya beli produk pertanian.

"Hal tersebut memberikan rasa aman bagi para petani sehingga petani bisa fokus mengembangkan pertaniannya tanpa rasa khawatir,” ujar Myrna.

Rombongan juga berkesempatan mengunjungi progress pembangunan di IKN, mulai dari Titik Nol Nusantara, hingga perkembangan pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Baca juga: 89 Paket Proyek Infrastruktur IKN Berjalan, Telan Rp 68,57 Triliun

Kegiatan ditutup dengan menanam pohon di Miniatur Hutan Hujan Tropis IKN. Disini, para delegasi menanam bibit pohon lokal, seperti damar, keruing, meranti merah, dan kapur.

Di Miniatur Hutan Hujan Tropis juga para delegasi diajak melihat tanaman yang sudah ditanam terlebih dahulu oleh Presiden RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com