Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2024, 15:07 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melelang proyek Duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek II di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dilansir dari laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR, Rabu (28/2/2024), proyek tersebut akan menelan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Rp 930,3 miliar.

Proyek yang masuk dalam pembangunan IKN tahap dua tersebut masih dalam tahapan pengumuman prakualifikasi dengan tenggat waktu pendaftaran jatuh pada 8 Maret 2024.

Dalam gambaran umum proyek diketahui, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur membangun Duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek II dengan output pembangunan duplikasi jembatan sepanjang 514 meter.

Duplikasi jembatan ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas jaringan jalan menuju IKN.

Waktu pelaksanaan pekerjaan ditargetkan bisa dimulai pada Mei 2024 hingga Desember 2025, dihitung sejak Tanggal Mulai Kerja sebagaimana ditetapkan dalam Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Baca juga: Soal Tol IKN yang Terganjal Lahan, Airlangga Akan Bahas Lebih Detail

Sementara waktu yang disediakan untuk menyelesaikan pekerjaan, kecuali pelaksanaan pemeliharaan kinerja jalan dan jembatan, untuk masing-masing lingkup selambat lambatnya selama 610 hari.

Di sisi lain, Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengatakan, progres proyek infrastruktur IKN tahap satu sudah mencapai 74 persen.

"Total dana (APBN yang dikucurkan) sampai saat ini sebesar kurang lebih Rp 68,6 triliun yang didistribusikan ke dalam 89 paket pekerjaan konstruksi dengan progres batch 1 sebesar 74,29 persen, minggu ini sudah 76 persen," jelas Danis saat ditemui di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com