Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2024, 17:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber Antara

NUSANTARA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, hingga kini terus berlangsung.

Beberapa gedung strategis milik pemerintah pun sudah mulai dibangun dari mulai Istana Presiden, Istana Negara, hingga Kantor Kementerian Koordinator.

Selain itu, gedung sektor swasta yang dibangun investor pun tak kalah masif perkembangannya, seperti hotel, rumah sakit, dan fasilitas keuangan dan perbankan.

Di tengah pembangunan fisik yang tengah berlangsung di darat, pemerintah juga memberi perhatian khusus akan pengawasan kawasan laut.

Baca juga: IKN Bisa Tiru Sejong, Ibu Kota Kedua Korsel yang Dihuni 300.000 Orang

Kawasan laut IKN menjadi wilayah strategis lantaran merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang melewati Selat Lombok, Selat Makassar dan Laut Sulawesi.

Sebagaimana dilansir dari Antara, Rabu (6/3/2024), Provinsi Kalimantan Timur menilai posisi ALKI II sangat strategis untuk pengembangan perekonomian dan industri di provinsi itu.

Pasalnya, banyak aktivitas perekonomian berlangsung di jalur laut ALKI II, seperti keluar masuk kapal petikemas dari dalam maupun luar negeri, hingga kegiatan nelayan.

Karenanya, tidak heran jika Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto ingin meningkatkan pengawasan kawasan laut IKN, dengan mengerahkan pasukan TNI AL.

Dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2024 di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2/2024), Agus menjelaskan rencananya membentuk markas-markas baru TNI dari tiga matra, yakni TNI AU, TNI AL dan TNI AD di wilayah IKN.

Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah meningkatkan status Pangkalan AL (Lanal) Balikpapan menjadi Pangkalan Utama AL (Lantamal) Balikpapan.

Baca juga: Amerika Serikat Dilibatkan dalam Lokakarya Sistem Pengadaan IKN

Lanal Balikpapan dipilih menjadi garda utama penjagaan laut IKN karena letaknya tidak jauh dari calon ibu kota, yakni berlokasi di pesisir Melawai.

Lanal Balikpapan menjadi satu dari beberapa lanal yang dinaikan statusnya menjadi lantamal (pangkalan utama angkatan laut) dan untuk beberapa lantamal selanjutnya menjadi komando daerah maritim (kodamar).

Pembinaan itu, dengan nomenklatur kodamar kelas A ada delapan lantamal dan enam lantamal menjadi kodamar kelas B.

Menyambut rencana itu, Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali memastikan akan mendapuk Lanal Balikpapan menjadi Lantamal Balikpapan dalam waktu dekat.

Saat ini, masih dalam proses pembangunan lantamal dan markas besar agar nantinya seluruh personel utama TNI AL bisa bertugas di daerah itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com