Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libatkan Penduduk Lokal, Otorita IKN Gelar Literasi Digital

Kompas.com - 28/03/2024, 06:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memberikan dukungan penuh dalam pengembangan ekosistem yang menunjang perusahaan rintisan (startup) dan UMKM sebagai bagian dari pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Mohammed Ali Berawi menyampaikan dukungan tersebut dalam kegiatan talkshow yang diselenggarakan oleh Asosasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) yang bertajuk “Membangun Ekosistem Startup di Ibu Kota Nusantara”.

Ali mengungkapkan pembangunan IKN juga melibatkan para penduduk lokal agar tidak hanya menjadi penonton, namun juga sebagai aktor pembangunan melalui berbagai program pembinaan, pelatihan literasi digital, upskilling dan reskilling.

Baca juga: Lolos Kurasi, Proyek Jumbo Pakuwon Nusantara di IKN Segera Dibangun

Menurutnya, pembentukan ekosistem startup dan UMKM sangat penting dalam mencapai target Indonesia Emas 2045.

"Dengan adanya peningkatan usia produktif, perlu dibarengi dengan pengembangan lapangan pekerjaan di sektor digital dan kreatif," ujar Ali.

OIKN telah melakukan pelatihan Coding Mom, Coding Difable, dan Solar Mom sebagai bentuk peningkatan literasi digital dan pengetahuan mengenai energi terbarukan bagi kaum ibu dan penyandang disabilitas.

Selain itu, OIKN juga punya program Nusantara K-Hub sebagai titik lebur (melting point) antara pemerintah, institusi pengetahuan, dan industri sebagai pusat inovasi dan startup di IKN. 

Baca juga: Disusun Setahun, Rencana Induk Pengelolaan Kehati IKN Libatkan ADB dan Australia

OIKN telah menandatangani MOU dengan 7 universitas ternama nasional dan juga sedang dalam pembicaraan dengan lebih dari 12 Universitas dan Lembaga pengetahuan internasional, serta lebih dari 40 industri teknologi global.

"Momentum pembangunan IKN akan menjadi kesempatan besar dalam melakukan leapfrogging dalam penguasaan teknologi bagi industri dan akademisi nasional," kata Ali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menambahkan, pentingnya penguatan digitalisasi dalam mengembangan ekosistem startup.

“Pengembangan ekosistem startup sangat berkaitan erat dengan ekraf dan digitalisasi” ujar Sandiaga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com