Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos Kurasi, Proyek Jumbo Pakuwon Nusantara di IKN Segera Dibangun

Kompas.com - 27/03/2024, 17:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Usai lolos kurasi oleh Kurator Ibu Kota Nusantara (IKN) Ridwan Kamil, megaproyek Pakuwon Nusantara yang dibesut PT Pakuwon Jati Tbk akan segera dibangun.

President Director PT Pakuwon Jati Tbk Alexander Stefanus Ridwan memastikan hal itu kepada Kompas.com, Rabu (27/3/2024).

"Setelah lolos kurasi ini, kami akan segera memulai pembangunan (konstruksi) fisiknya," ujar Stefanus.

Kurasi yang dimaksud adalah proses evaluasi seluruh proses mulai dari perencanaan, desain, pelaksanaan pembangunan, hingga jadwal penyelesaian.

Baca juga: Disusun Setahun, Rencana Induk Pengelolaan Kehati IKN Libatkan ADB dan Australia

Ridwan Kamil sendiri ditunjuk sebagai kurator IKN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 9 November 2023 lalu.

Pakuwon Nusantara diproyeksikan menelan dana jumbo sebesar Rp 5 triliun. Melalui anak usaha, PT Pakuwon abadi Nusantara (PNA), raja properti yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur, ini akan membangun Pakuwon Nusantara di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1 A, yakni di Jalan Sumbu Kebangsaan.

Peletakan batu pertama alias groundbreaking proyek ini telah diresmikan oleh Jokowi pada Rabu (1/11/2023).

"Saya senang ini PT Pakuwon sudah mendahului membangun, saya sangat menghargai, mengapresisai dan kita harapkan ini akan memberikan gelombang yang lain," ucap Jokowi saat itu.

Baca juga: Siapa Dua Investor Malaysia yang Tertarik Bangun Apartemen di IKN?

Pakuwon Nusantara yang menempati area seluas 7,2 hektar, dirancang dengan konsep ramah lingkungan.

President Director PNA Eiffel Tedja menuturkan, momentum groundbreaking Pakuwon Nusantara menjadi penanda dukungan penuh Pakuwon untuk IKN.

Tiga hotel sekaligus

Bukan sembarang proyek, melainkan mixed use development yang merangkum sejumlah properti seperti mal, apartemen servis, ballroom, dan hotel berbintang. 

Khusus untuk hotel, PT Pakuwon Jati Tbk telah menggaet Marriot International sebagai operator dari ketiga hotel tersebut.

Ketiga hotel itu meliputi Four Points by Sheraton sebanyak 300 kamar, Westin & Ballroom sebanyak 234 kamar, dan Tribute Portfolio by Marriot sebanyak 260 kamar.

Adapun penandatanganan kerja sama antara Pakuwon dan Marriott International, Inc. dilakukan  oleh Presiden dan CEO Marriott International Anthony Capuano dan Presiden Komisaris PT. Pakuwon Jati Tbk. Alexander Tedja.

Baca juga: Hotel Nusantara di IKN Bakal Rampung Agustus 2024

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan PT Pakuwon Jati Tbk mengenai perjanjian penting ini,” kata Area Vice President, Indonesia dan Malaysia, Marriott International, Ramesh Jackson.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com