Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2024, 12:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Tak seperti tampilan kantor polisi biasanya, Markas Besar (Mabes) Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan didesain mewah dan asri, mirip hotel di Nusa Dua, Bali.

“Tidak kayak kantor polisi pak, kayak hotel di Nusa Dua tetapi isinya polisi," ujar Kurator Ibu Kota Nusantara (IKN) Ridwan Kamil dalam Rakornas Otorita IKN (OIKN) di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Menurutnya, tidak akan ada kantor polisi di seluruh dunia yang memiliki tampilan sekeren Mabes Polri di IKN.

Baca juga: 16,47 Persen Area Hijau di IKN Bakal Jadi Kawasan Pangan

"Jadi suasananya menyenangkan, bikin apa, tetapi isinya polisi lagi bekerja melindungi kita. TNI juga sama, semua sama," lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Ridwan Kamil juga menyebut bahwa apartemen yang ada di IKN harus didesain hijau dan tidak seperti yang ada di Kota Jakarta.

"Tadinya apartemennya kayak Jakarta pak, kaca-kaca gitu kan ya, kayak Sudirman-Thamrin. Saya bilang tidak boleh, lupakan pola pikir itu," tambahnya.

Baca juga: Jokowi Bakal Jual Lahan IKN ke Investor, Harga Ditentukan Otorita IKN

Bangunan-bangunan di IKN, kata Ridwan, harus memiliki warna kayu agar bisa menyamar menjadi hutan, sebagaimana mimpi pemerintah untuk menjadikan Nusantara hijau kembali.

"Kalau bangunan bisa hilang itu bagus, bukan bangunannya berteriak. Ini contoh yang terbaik untuk tipe apartemen yang sedang konstruksi," tandas kurator IKN tersebut.

Sebagai tambahan, Gedung Mabes Polri IKN rencananya akan menempati lahan seluas 3,8 hektar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com