Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2024, 19:45 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Pembangunan Bandara Very Very Important Person (VVIP) atau Naratetama Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dipacu.

Menurut Kepala Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga, tidak ada kendala berarti, termasuk mobilisasi lahan yang disiapkan oleh Badan Bank Tanah (BBT).

"Semua berjalan lancar. Dan saat ini progres Bandara VVIP, terutama terkait dengan pekerjaan ke-PUPR-an yakni landasan pacu sudah sampai pada staging 14 persen," ungkap Danis kepada Kompas.com, Kamis (28/3/2024).

Baca juga: Kemenko Polhukam Berencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Danis menjelaskan, landasan pacu Bandara VVIP IKN dirancang sepanjang 3.000 meter dengan lebar atau wide body 45 meter.

Kendati terdaftar dalam infrastruktur Batch 2, namun Bandara VVIP IKN ini ditargetkan masuk tahap commissioning pada Juni-Juli 2024, bersamaan dengan proyek strategis lainnya dalam Batch 1 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Adapun fasilitas bandara seperti Terminal VVIP, Terminal VIP, parkir, pos pemeriksaan, hanggar dan lain-lain merupakan tanggung jawab Kementerian perhubungan.

Spesifikasi bandara

Bandara Naratetama ini dirancang dengan luas terminal 7.350 meter persegi dengan area bandara seluas 347 hektar.

Landasan pacunya didesain sepanjang 3.000 meter dengan lebar 45 meter. Oleh karena itu, bandara ini dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Baca juga: Ini Sederet Keuntungan yang Didapat Warga Ber-KTP IKN

Ini masih ditambah dengan kemampuan apron yang dapat menampung alias berkapasitas tiga pesawat berbadan besar, satu pesawat berbadan kecil (narrow body); atau tujuh pesawat berbadan kecil (narrow body); serta kapasitas helipad yang dapat menampung tiga helikopter.

Spesifikasi lain bandara VVIP IKN adalah Terminal VVIP, Terminal VIP, Parkir GSE, Pos Pemeriksaan Sisi Udara, Pos Jaga, Hanggar, Cargo, Catering, DPPU, Rumah Pompa, STP & WTP, Substation Power House.

Terdapat pula Bengkel/GSE Maintenance, Bangunan Ibadah, Perkantoran, Gedung Karantina, Kantin, Rumah Dinas, TPS, Meteorologi, EOC, PKP PK, Power House, Gardu PLN, ATC Tower.

Baca juga: Menuju Daerah Khusus, IKN Akan Menjadi Tandem Jakarta

Adapun konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan namun tetap modern, serta berorientasi alam dan ramah lingkungan.

Terdapat nuansa Rumah Panjang, Burung Rangkok, dan lukisan garis lengkung khas Kalimantan. Ketiga unsur ini akan ditampilkan secara modern pada Bandara dan Pelabuhan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com