Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Kota Kelima yang Dukung IKN, Brasilia Sepakat Bertukar Pengetahuan

Kompas.com - 20/04/2024, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Distrik Federal Kota Brasília, Brasil, untuk pertukaran pengetahuan dan kerjasama antar-ibukota baru, Rabu (17/4/2024).

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dengan Gubernur Kota Brasilia Ibaneis Rocha, di Brasilia, Brasil dengan disaksikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Brasil, Edi Yusup, dan Sekretaris Jenderal Hubungan Internasional Kota Brasilia, Paco Britto.

Kolaborasi pertukaran pengetahuan di tingkat kota ini merupakan yang kelima dilakukan oleh OIKN. Sebelumnya, OIKN telah menjalin kerjasama resmi dengan Astana (Kazakhstan), Canberra (Australia), Singapura, dan Shenzhen (China).

Baca juga: Ada Konflik Iran-Israel, Pemerintah Pastikan Suplai Material Proyek IKN Aman

Seluruh kerjasama ini dilakukan untuk bertukar pengetahuan dalam membangun kota-kota baru yang hijau, cerdas, tangguh, inklusif, dan berkelanjutan.

Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakan, sebagai ibu kota baru Brasil, kota Brasilia memiliki pengalaman dalam menjawab berbagai tantangan dalam menciptakan sebuah pusat pertumbuhan ekonomi dan politik baru yang berada di tengah negara.

"Dan hal-hal tersebut dapat menjadi pelajaran bagi IKN,” ujar Bambang.

Selain pengembangan kota, Bambang dan Gubernur Brasilia juga sepakat untuk bekerja sama dalam hal pengembangan kota pintar dan inisiatif penghijauan.

Kemudian pembangunan infrastruktur, pembangunan komunitas yang tangguh dan inklusif serta mitigasi iklim, upaya adaptasi, dan perencanaan komunitas dalam pembangunan perkotaan.

Baca juga: Bandara VVIP IKN Siap Digunakan pada 17 Agustus 2024

Delegasi OIKN berada di Brasília untuk menjalankan berbagai agenda bersama dengan Pemerintah Kota Brasil.

Antara lain mengkaji sejarah pemindahan dan perencanaan kota Brasilia, serta tantangan pengelolaan pembangunan kota ini termasuk pengembangan permukiman dan transportasi perkotaan.

Delegasi juga bertemu dengan para akademisi termasuk dari Universitas Brasilia yang memberikan perspektif tambahan dalam pembangunan kota baru.

Kunjungan ini dilaksanakan bertepatan dengan bulan perayaan 64 tahun Brasil memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia pada April 1960.

Perjalanan pembangunan Brasilia selama enam dekade telah menghasilkan banyak pengetahuan yang bermanfaat dan dapat menjadi pelajaran berharga bagi pembangunan IKN.

Kerjasama ini juga sejalan dengan makin meningkatnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Republik Brasil, yang tahun ini menjadi tuan rumah G20.

Baca juga: Kantor Prabowo di IKN Dilengkapi Hutan Kota, Dijamin Lebih Hijau

Sekretaris Jenderal Hubungan Internasional Kota Brasilia Paco Britto siap mendukung pembangunan IKN.

Bagi Kota Brasilia, menurut Paco, kerjasama ini sangatlah penting, karena pemerintah saat ini tengah mendorong peremajaan pada usianya yang ke-64.

"Oleh karena itu, kedua pemerintah kota dapat bertukar pengalaman dan bersama-sama membangun dua kota yang monumental, sekaligus menjawab tantangan urban masa kini," cetus Paco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com