Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kodam Mulawarman: Lokasi IKN Bukan di Tengah Hutan Heterogen

Kompas.com - 28/05/2024, 08:49 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) bukanlah di tengah-tengah hutan heterogen, melainkan di kawasan hutan tanaman industri monokultur yakni eukaliptus.

Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman Kolonel Kav Kristiyanto menegaskan hal itu saat menemani Ibu Kehormatan Taruna Akademi TNI Evi Agus Subiyanto, menanam pohon bersama Taruna Latsitardanus XLIV di IKN, Senin (27/5/2024).

"Eukaliptus merupakan pohon yang baru bisa dipanen atau ditebang, serta dimanfaatkan kayunya setelah lima sampai enam tahun," ujarnya.

Baca juga: Canggih, CCTV di IKN Bisa Hitung Emisi Kendaraan

Kristiyanto menambahkan, kunjungan ke IKN ini juga sekaligus memperkenalkan para Taruna dan Taruni dalam kegiatan penanaman pohon mereka mengetahui dan melihat secara langsung di lapangan.

Tujuan kedua, lanjutnya, agar Taruna ini juga mempunyai tanggung jawab ke depan sebagai pemimpin bangsa untuk menjaga IKN agar tetap hijau.

Selain itu juga dapat melakukan reforestasi yakni penghijauan atau penanaman kembali, sesuai dengan imbauan Presiden Joko Widodo.

"Reforestasi untuk mendapatkan tropical rain forest, sehingga ke depan tanaman ini yang tadinya satu jenis/monokultur bisa berubah menjadi heterogen atau beberapa jenis, yang semula sebagai hutan produksi bisa berubah menjadi hutan alami, sehingga tetap terjaga salah satu paru-paru dunia di Kalimantan Timur," papar Kristiyanto.

Baca juga: Dari IKN ke Balikpapan atau Palu Bisa Naik Taksi Terbang

Adapun tujuan ketiga adalah agar Taruna dapat berinteraksi dengan masyarakat di sekitar IKN yang terdiri atas berbagai instansi, tokoh masyarakat, dan beberapa elemen-elemen masyarakat lainnya.

"Ada 1.500 pohon yang ditanam. Di antaranya 300 batang bibit meranti, 300 bibit pohon kapur, 300 bibit pohon Jambu Agung, 300 bibit pohon balangeran 300, dan 300 bibit pohon rambai," imbuhnya.

Selain penanaman pohon, Evi Agus Subiyanto juga menyerahkan bantuan sembako kepada warga masyarakat terdampak banjir di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu dan bantuan kepada orang tua asuh Taruna yang rumahnya ditempati selama pelaksanaan Latsitarda XLIV/2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com