Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantapkan Posisi Forest City IKN, Otorita Gelar Konferensi Internasional

Kompas.com - 29/05/2024, 08:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memantapkan konsep forest city yang akan diterapkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Otorita IKN menggelar International Conference on Forest City.

Konferensi internasional ini akan berlangsung mulai Rabu (29/5/2024) sampai dengan Kamis (30/5/2024) di Kampus Universitas Mulawarman, Samarinda.

Acara yang juga diikuti secara daring ini mengangkat tema “Restoring Tropical Forest and Bicultural Diversity in Urban and Peri-Urban Areas".

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Myrna Asnawati Safitri mengatakan alasan utama diadakannya konferensi ini adalah konsep forest city yang hendak diterapkan di IKN menarik minat banyak peneliti.

Baca juga: Pemerintah Raih Kesepakatan Pendanaan Proyek Air Bersih di IKN dan Banten

“Konsep forest city ini unik dan menarik minat banyak peneliti. Terutama kota-kota besar di dunia juga ingin menjadikan kota mereka sebagai kota hijau. Tren seperti ini penting untuk dipelajari dan didiskusikan dalam forum akademik seperti ini,” ungkap Myrna dalam Media Briefing 1st International Conference on Forest City, Rabu (28/5/2024).

Menurut Myrna, pemerintah ingin membangun IKN menjadi forest city yang bersifat eksklusif dan terbuka.


Karena itu, dalam konferensi ini berbagai pihak bisa menyampaikan pandangan dan menjadi ruang untuk berdebat.

Dalam konferensi ini, OIKN menggandeng Universitas Mulawarman sebagai partner kerjasama karena merupakan universitas yang paling dekat dengan IKN.

“Universitas Mulawarman punya visi tentang kehutanan yang sudah cukup kuat sehingga sudah ada kajian kehutanan secara interdisiplin,” tambah Myrna.

Baca juga: Jelang 17 Agustus, Kendaraan Listrik Akan Beroperasi di IKN

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti Universitas Indonesia, ITB, UGM, dan Universitas Brawijaya. 

Kerjasama juga dilakukan dengan tiga universitas di Belanda yang sebelumnya melakukan MoU dengan OIKN yakni Universitas Leiden, Universitas Delft dan Universitas Erasmus

Kegiatan konferensi ini akan dihadiri oleh pembicara dari 12 negara, mulai dari benua Amerika hingga Asia. 

Akan ada 2 sesi seminar serta 8 paralel panel yang menghadirkan banyak pemateri termasuk dosen, mahasiswa, LSM bahkan perusahaan swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com