Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol IKN Langsung Terapkan Sistem Transaksi Tanpa Sentuh MLFF

Kompas.com - 28/05/2024, 13:55 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) langsung menerapkan sistem transaksi jalan tol non-tunai nirsentuh nirhenti atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024).

"Saya kira iya," jawab Basuki.

Namun demikian Basuki mengatakan bahwa pada tahap awal, Tol IKN baru akan menerapkan Single Lane Free Flow (SLFF).

"Kalau Jalan Tol di IKN kita langsung SLFF nanti," lanjut Basuki.

Penerapan MLFF secara bertahap mulai dari SLFF dengan barrier ini merupakan proses transformasi sistem transaksi tol, sehingga bisa lebih mudah dievaluasi bila ditemui kekurangan.

Baca juga: Awas Kena Denda, Pengguna Jalan Tol Wajib Daftar Aplikasi MLFF Cantas

Selain di Tol IKN, penerapan SLFF dengan barrier ini juga dilakukan di jalan tol lain yang bakal menggunakan MLFF, misalnya Tol Bali Mandara.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Attila Keszeg mengungkapkan bahwa MLFF mulai diterapkan pada kuartal III-2024.

"Saya pikir kami siap untuk mengimplementasikan sistem ini pada kuartal III tahun ini," ucap Attila.

Sebagai informasi, MLFF merupakan inovasi sistem transaksi penggunaan jalan tol terbaru, setelah sebelumnya juga telah berubah dari sistem tunai menjadi non-tunai atau kartu uang elektronik.

Teknologi berbasis global navigation satellite system (GNSS) ini digadang bisa mengurai antrean kendaraan di gerbang tol dan mengurangi kerugian ekonomi akibat kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com