Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaet Investor Swasta, Badan Bank Tanah Tawarkan Skema HGU, HGB dan HP

Kompas.com - 29/05/2024, 12:39 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Demi untuk menarik minat investasi swasta, Badan Bank Tanah (BBT) menggelar Site Expose untuk area perkotaan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Kepala Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja menuturkan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah BBT untuk menggaet partisipasi pihak swasta dalam menciptakan ekonomi berkeadilan di PPU.

Baca juga: Mantapkan Posisi Forest City IKN, Otorita Gelar Konferensi Internasional

”Kami ingin turut serta menciptakan keadilan di bidang pertanahan serta terciptanya ekonomi berkeadilan di PPU. Tapi kami tidak bisa sendirian," ujar Parman dalam keterangannya kepada Kompas.com, Rabu (29/5/2024).

Selain itu, Parman menjelaskan, kegiatan ini juga untuk memenuhi tugas dan tanggung jawab BBT memberi kepastian hukum dalam mendukung ketersediaan tanah untuk berbagai pembangunan seperti pelabuhan, bandara, terminal, kantor pemerintahan, kawasan industri, kawasan ekonomi khusus hingga kawasan pariwisata.

Oleh karena itu, BBT mengajak calon investor untuk berinvestasi, guna menciptakan lapangan pekerjaan serta meningkatkan daya beli bagi masyarakat di PPU dan sekitarnya.

BBT dapat memberikan hak manfaat atas tanah tersebut melalui skema kerja sama pemanfaatan di atas HPL BBT.

Pihak ketiga yaitu swasta baik perorangan maupun badan hukum, akan diberikan status berupa Hak Guna Usaha (HGU), Hak Guna Bangunan (HGB) atau Hak Pakai di atas HPL BBT.

Baca juga: Berkunjung ke IKN, Pemilik Burj Khalifa Tertarik Investasi di 3 Sektor

Parman mengatakan, pemanfaatan tanah di atas HPL BBT merupakan upaya untuk menciptakan ekonomi berkeadilan serta membangun magnet pertumbuhan ekonomi baru di PPU. Apalagi, kawasan ini sangat berdekatan dengan IKN.

”Kehadiran BBT di PPU tentu harus bisa memberi manfaat sebesar-besarnya bagi perekonomian di wilayah tersebut. Kami juga mendukung sepenuhnya upaya pemerintah dalam menciptakan mesin baru penggerak ekonomi Indonesia di IKN,” kata Parman.

Kepala Badan Bank Tanah (BBT) Parman Nataatmadja, Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun, dan Mantan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sepakat menawarkan investasi kepada investor di Tanah HPL BBT dengan skema HGB dan HGU.BBT Kepala Badan Bank Tanah (BBT) Parman Nataatmadja, Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun, dan Mantan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sepakat menawarkan investasi kepada investor di Tanah HPL BBT dengan skema HGB dan HGU.
Tawaran Konsep Eco City

Sementara itu, Tenaga Ahli Badan Bank Tanah Bambang Brodjonegoro mengajak para investor untuk tidak ragu menanamkan modalnya di HPL BBT.

Menurutnya, PPU akan menjadi wilayah yang punya potensi untuk tumbuh tinggi. Apalagi, terdapat Bandara VVIP IKN serta jalan tol menuju IKN.

”Jangan khawatir investasi di tempat kosong, jangan lihat kondisi hari ini, tapi lihatnya adalah (PPU) ini wilayah yang akan tumbuh tinggi. Dan sejauh kota ini membentuk dirinya sendiri, tingkat pertumbuhan akan tinggi serta bagaimana kota ini tumbuh di masa depan,” ucap Bambang.

Baca juga: Jokowi Akan Buka Rakernas Apeksi XVII yang Berlangsung di Beranda IKN

Bambang menuturkan, BBT menawarkan konsep eco city dalam rencana induknya di PPU. Konsep ini menawarkan kota sehat, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Konsep ini mengajarkan untuk kembali ke alam dan menghemat energi, mendorong kota menghadirkan ruang terbuka hijau sebanyak mungkin, dan manajemen kota yang seimbang pada aspek lingkungan, ekonomi, sumber daya alam, dan manusianya sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com