Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2024, 19:42 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Akes Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ada tiga segmen tol yang digarap pada tahap pertama, yaitu Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 kilometer, dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 kilometer.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menargetkan Tol Akses IKN bisa dioperasikan fungsional pada Juli 2024 mendatang, namun masih satu arah atau dua sampai tiga lajur.

"Tol Akses IKN target kita yang sisi barat nanti Juli mungkin bisa fungsional, tapi sebagian atau satu arah. Maksudnya dua atau tiga lajur dari empat sampai enam lajur," tutur Hedy saat ditemui usai peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, Senin (8/1/2024).

Jelas Hedy, pekerjaan konstruksi Tol Akses IKN berjalan sesuai target. Namun demikian, Hedy tidak menyebutkan berapa persen progres proyek tersebut dalam bentuk persen.

Sementara Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga memaparkan, rencananya proyek ini akan lanjut ke Segmen 4A Sp. Tempadung-Outer Ring Road IKN dan terhubung dengan immersed tunnel atau terowongan bawah laut pertama di Indonesia.

Baca juga: Maret 2024, Seluruh Jaringan Jalan Tol JORR 2 Bakal Tersambung

"Jadi nanti dari Bandara Sepinggan menuju KIPP sekitar 47 kilometer lewat tol ini yang akan ditempuh dalam waktu tidak lebih dari 30 menit," jelas Danis beberapa waktu lalu.

Sedangkan desain terowongan bawah laut tersebut rencananya akan mulai dibuat pada tahun 2024 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com