Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2024, 18:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSANTARA, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) dirancang menjadi kota dengan mobilitas cerdas.

Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, pendekatan yang dilakukan untuk mewujudkan kota dengan mobilitas cerdas terbagi menjadi tiga.

Pertama, meningkatkan pengambilan keputusan dengan analisis data real-time hingga mencegah kesalahan umum dalam perencanaan transportasi publik di beberapa kota lain.

"Kedua, mengoptimalkan kinerja transportasi publik, seperti dengan memberi tahu penumpang dan operator tentang jadwal tepat waktu dan kemacetan di koridor, meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi operasional," kata Bambang dalam webinar Intelligent Transport Systems (ITS) Asia Pasifik ke-19, Rabu (24/4/2024).

Ketiga, mobilitas cerdas meminimalkan kesalahan manusia untuk mengurangi risiko keselamatan.

"Sejalan dengan hal tersebut, kerjasama antara ITS dan OIKN adalah bukti komitmen kami terhadap keunggulan dan dedikasi kami untuk menjadikan ibu kota baru sebagai lambang modernitas dan keberlanjutan," lanjutnya.

Baca juga: Mobil Berbahan Bakar Bensin Dilarang Seliweran di IKN

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Sarana Dan Prasarana OIKN Silvia Halim menyampaikan, sangat penting dan krusial untuk menghubungkan Nusantara dengan kota penyangga, seperti Samarinda dan Balikpapan.

"Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi yang kita rencanakan dapat merambah ke kota tersebut," tutunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com