Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nusantara Fair 2024 Digelar 3 Hari, Ada "Showcase" Teknologi, Konservasi, dan Budaya

Kompas.com - 27/01/2024, 08:26 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Negara (IKN) menggelar Nusantara Fair 2024 yang berlangsung di Grand Atrium, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, selama tiga hari yaitu 26-28 Januari 2024.

Nusantara Fair bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat, terutama generasi muda di Jakarta dan sekitarnya, mengenai visi dan gambaran ibu kota baru yang saat ini tengah dalam tahap pembangunan.

Baca juga: Kantor Bank Mandiri di IKN Segera Dibangun, Masuk Groundbreaking 5

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, Nusantara Fair 2024 sebagai wadah informasi bahwa pembangunannya senantiasa melibatkan berbagai komponen masyarakat termasuk di sekitar IKN.

“Tagline kami ‘Nusantara adalah kita, kita adalah Nusantara’, jadi kami ingin mengajak sosialisasi, banyak yang belum mengerti apa itu IKN Nusantara, bagaimana akan dibangun, bagaimana kita akan membangun Indonesia sentris ke depannya, tidak lagi Jawa sentris,” kata Bambang saat pembukaan Nusantara Fair 2024 di lokasi, Jumat (26/1/2024).

Otorita Ibu Kota Negara (IKN)  menggelar Nusantara Fair 2024 yang berlangsung di Grand Atrium, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, selama tiga hari yaitu 26-28 Januari 2024. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Otorita Ibu Kota Negara (IKN) menggelar Nusantara Fair 2024 yang berlangsung di Grand Atrium, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, selama tiga hari yaitu 26-28 Januari 2024.

Tak hanya itu, ia menyebut pentingnya sosialisasi karena tujuan IKN sebagai kota baru yang akan dihuni oleh para generasi muda pada 2045 mendatang.

“Bagaimana nanti 2045 ini teman-teman yang di sini, yang muda-muda yang akan menjadi penghuni IKN, IKN tu asyik lho," imbuh Bambang.

Pameran Nusantara Fair menjadi wadah informasi seputar konsep hunian kota maju berbasis teknologi digital dan hijau.

Baca juga: Target Investasi IKN Tahun 2024 Tembus Rp 100 Triliun

“Pameran ini dirancang untuk menyampaikan informasi secara populer dan menyenangkan melalui berbagai kreasi seni dan teknologi sehingga diharapkan mudah dipahami oleh masyarakat terutama oleh orang muda. Kami berharap acara ini dapat menjadi sarana informasi dan komunikasi yang inspiratif dan edukatif bagi semua pengunjung,” imbuhnya.

Melalui pameran dan kegiatan edukatif, acara ini juga mengajak masyarakat untuk menjelajahi kekayaan budaya, inovasi, dan potensi yang dimiliki oleh Nusantara sebagai ibu kota baru.

Ia mengungkapkan, pengunjung bisa mengetahui lokasi, fasilitas, dan berbagai informasi mengenai cara berinvestasi, tentang konservasi dan lingkungan, UMKM, serta teknologi di kota baru tersebut. Bahkan tersedia maket Ibu Kota Nusantara dan ragam foto kegiatan di Nusantara.

Rangkaian acara Nusantara Fair 2024

 Desain maket transportasi ibu kota baru yang ditampilkan dalam  Nusantara Fair 2024 yangKOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Desain maket transportasi ibu kota baru yang ditampilkan dalam Nusantara Fair 2024 yang
Pada Jumat (26/1/2024), acara pembukaan Festival Nusantara 2024 ditandai penandatanganan sejumlah perjanjian kerja sama antara Otorita Ibu Kota Negara (IKN) dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta sejumlah pihak swasta.

Kolaborasi ini, kata Bambang, bertujuan untuk mendukung proses pembangunan dan pengembangan ibu kota baru.

Baca juga: Ada 10 Proyek Prioritas Pendukung IKN di Kaltim, Balikpapan Dominan

Selama tiga hari acara, pengunjung dapat mengikuti aneka agenda menarik, seperti pameran, showcase teknologi di IKN, hingga berbagai talkshow menarik dengan tema berbeda setiap harinya.

Tak hanya memberikan wawasan tentang perkembangan ibu kota baru, agenda yang diselenggarakan hingga hari Minggu (28/1/2024) ini juga dimeriahkan oleh penampilan musisi RAN serta berbagai artis ternama seperti Isyana Sarasvati, Andien, dan Diskoria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com