Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekat IKN, Kawasan Industri dan Properti Rp 842,38 Miliar Ini Menanti Investor

Kompas.com - 01/02/2024, 21:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Salah satu proyek strategis yang ditawarkan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Kalimantan Timur adalah Kawasan Industri dan Properti di Coastal Road, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Estimasi nilai investasi proyek yang dekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) ini sebesar Rp 842,38 miliar.

Kawasan Industri dan Properti ini dirancang menempati area seluas 11,42 hektar dengan topografi lahan datar dan dukungan infrastruktur dasar penunjang pengembangan properti berupa jaringan listrik, air bersih, pipa gas dan jaringan telekomunikasi.

Baca juga: Penampakan Terkini Rumah Tapak Jabatan Menteri di IKN

Wilayah ini dijanjikan BKPM didukung oleh ekosistem perkotaan yang lengkap serta berkembang pesat.

Mencakup Kantor Pemerintahan PPU, Perumahan Korpri, Rumah Sakit Umum Daerah Penajam, Universitas Gunadarma, dan Kawasan Perdagangan/Jasa Simpang Petung.

Sederet insentif akan diberikan Pemerintah yang diperkuat melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Kalimantan Timur Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pedoman Dan Tata Cara Pemberian Insentif Dan Kemudahan Penanaman Modal di daerah, memberikan dukungan atau Insentif Fiskal dan Non Fiskal.

Insentif fiskal berupa pengurangan atau keringanan atau pembebasan pajak daerah, pengurangan atau keringanan atau pembebasan retribusi daerah, pemberian bantuan penyertaan modal, aset dan/atau subsidi bunga pinjaman di bank milik daerah.

Baca juga: Ada IKN, Pengembang Kakap Nasional Incar Rp 600 Miliar Penjualan Rumah

Sementara insentif non-fiskal berupa penyediaan data dan informasi peluang penanaman modal, penyediaan sarana dan prasarana, penyediaan lahan atau lokasi, pemberian bantuan teknis, dan percepatan pemberian perizinan.

Pelaksana Tugas (Plt). Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan menyatakan, Kawasan Industri dan Properti ini merupakan bagian 12 proyek dalam Peta Peluang Investasi (PPI) yang telah diluncurkan melalui situs Potensi Investasi Regional (PIR).

Kementerian Investasi/BKPM akan bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dalam memaksimalkan peluang investasi di daerah.

Selanjutnya akan disiapkan juga Panduan Penyiapan Peluang Proyek Investasi, sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dalam menyiapkan peluang proyek investasi yang berkualitas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com