Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2024, 05:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlangsung masif dan mencapai progres signifikan, mendorong para investor asing mulai merealisasikan komitmen investasinya tahun 2024 ini.

Setelah sejumlah negara menyatakan ketertarikannya dan membuat komitmen kerja sama pengembangan IKN seperti Kazakhstan, Australia, Inggris dan lain-lain, kini giliran China dan Malaysia.

Bukan sebatas komitmen kerja sama, kedua negara ini langsung masuk melalui sektor investasi swasta.

Baca juga: Sambut Kunjungan Jokowi di IKN, BPPW Kaltim Bikin Hujan Buatan

Dalam wawancara khusus bersama Kompas.com, usai peresmian groundbreaking proyek gedung Bank BUMN, Kamis (29/2/2024), Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi IKN Agung Wicaksono mengungkapkan, investor China akan masuk melalui Konsorsium Nusantara.

"Ini berbeda dengan Konsorsium Nusantara yang membangun Hotel Nusantara ya. Investor asal China ini akan membangun hunian vertikal atau apartemen beberapa tower," cetus Agung.

Investor Malaysia pun akan masuk dengan membangun properti serupa berikut sejumlah fasilitas dan infrastruktur yang akan mereka bangun sendiri.

Baca juga: Bank Mandiri, BNI, dan BRI Resmi Ramaikan Nusantara

Dengan demikian, menurutnya, ini merupakan investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) yang tidak ada campur tangan negara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Perkara mereka akan bermitra dengan siapa, itu diserahkan pada investor yang bersangkutan. Karena perusahaan kan bisa bermitra dengan siapa saja," imbuh Agung.

Namun demikian, Agung belum bisa memerinci berapa nilai investasi masing-masing investor asal negeri jiran dan sahabat itu.

Yang pasti, nilai keseluruhan investasi asing yang tercatat akan direalisasikan sekitar Rp 40 triliun dari total Rp 55 triliun tahun ini.

Termasuk di dalamnya adalah investasi Ciputra Group yang juga akan direalisasikan tahun ini.

Baca juga: Kantor OJK Segera Dibangun di IKN

Raksasa properti Nasional tersebut diketahui berencana mengembangkan kota mandiri lengkap dengan sejumlah fitur, antara lain perumahan, komersial, lapangan golf, dan janapada.

Proyek-proyek properti ini, lanjut Agung, sedang dalam evaluasi studi kelayakan. Ditargetkan mulai melakukan tender sekitar Bulan April 2024.

Menurut Agung, ketertarikan investor asing terhadap IKN terus mengalami peningkatan. Sejak September 2023 hingga Februari 2024 atau dalam kurun enam bulan, investasi di IKN sudah menembus angka Rp 50 triliun.

Sementara tahun ini diprediksi sekitar Rp 55 triliun atau melebihi angka Rp 100 triliun.

Baca juga: Megahnya Garuda Raksasa yang Tegak Berdiri di Ibu Kota Nusantara

Jika diakumulasikan, angka investasi per enam bulan dalam jangka 10 tahun sebagai target yang dicanangkan Presiden Joko Widodo IKN mulai sepenuhnya operasional, maka akan dicapai angka Rp 1.000 triliun.

"Kalau asumsi ini terbukti (benar), tidak diperlukan lagi dana APBN. Angka Rp 1.000 triliun ini bisa lebih cepat tercapai," optimis Agung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com