Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Hadapi Lonjakan Pemudik, Bandara SAMS Buka Posko Terpadu 16 Hari

Kompas.com - 03/04/2024, 21:31 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Dalam rangka memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jasa di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada arus mudik dan balik Lebaran Tahun 2024, PT Angkasa Pura I membuka Posko Terpadu Angkutan Udara.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Ahmad Syaugi Shahab mengatakan, sesuai dengan Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor IR 01 Tahun 2024, bahwa selama periode Lebaran wajib dibentuk Posko Pengendalian Angkutan Udara oleh Penyelenggara Bandar Udara.

"Penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2024 dilaksanakan selama 16 hari yaitu tanggal 3 April sampai dengan 18 April 2024," ucap Syaugi, Rabu (3/4/2024).

Baca juga: Progres Landasan Pacu Bandara VVIP IKN Capai 14 Persen

Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran ini bertujuan untuk memastikan keselamatan, keamanan, kelancaran, ketertiban, dan kenyamanan penumpang baik yang datang maupun berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Menurut Syaugi, prediksi puncak arus mudik pada tanggal 5 April 2024 dengan perkiraan 20.282 penumpang dan puncak arus balik pada tanggal 15 April 2024 dengan penumpang 20.953 penumpang.

"Lebaran tahun ini diprediksi jumlah pesawat akan tumbuh positif sekitar 9 persen yakni 2.528 pesawat dan penumpang tumbuh 13 persen atau sebanyak 279.009 penumpang," ungkap Syaugi.

Selama itu pihak bandara mengoptimalkan sistem keamanan Bandar Udara dan keamanan penerbangan, mengoptimalkan fasilitas dan personil, serta memastikan kelancaran pelayanan kepada penumpang sesuai standar layanan Bandar Udara.

Syaugi berharap dengan dibukanya Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran tahun 2024 semoga dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat terwujud keselamatan, keamanan, kelancaran, ketertiban dan kenyamanan penumpang.

Sebagai informasi arus mudik Lebaran tahun 2023 lalu tercatat sebanyak 2.314 pesawat dan 247.585 penumpang datang dan berangkat melalu Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com