Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Penajam Paser Utara Siapkan Oleh-oleh untuk Tamu IKN

Kompas.com - 12/05/2024, 08:47 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, siap menyambut peradaban baru.

Hal ini menyusul produk unggulan lokal yang disiapkan sebagai oleh-oleh khas untuk tamu yang berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ketua Persatuan UMKM Kabupaten PPU Rizal Ramadhan mengatakan, sejak Kabupaten PPU ditetapkan menjadi lokasi pindah IKN, semua pihak harus siap menyongsong sesuai dengan bidang yang ditekuni.

Baca juga: Penduduk IKN 200.000 Jiwa, Calon Pengantin Perlu Di-Screening

"Kami pun harus siap dengan berbagai produk sebagai oleh-oleh," ujar Rizal, dikutip dari Antara, Minggu (12/5/2024).

Salah satu UMKM yang siap dengan suasana baru seiring dengan terus bertambahnya pengunjung adalah UMKM De'Rusa, yang berbasis di Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam, PPU.

De'Rusa adalah salah satu UMKM yang telah menyiapkan berbagai jenis oleh-oleh bagi pengunjung IKN, mulai dari cemilan kering dari berbagai bahan pangan lokal, kue, minuman, hingga aneka aksesori yang juga khas daerah.

Semua produk yang dijual buatan masyarakat sekitar sebagai bentuk pemberdayaan potensi lokal.

Baca juga: 14 Juli, Lapangan, Ruang Ganti, dan Dormitory PSSI Training Center di IKN Jadi

Soal kualitas dan rasa pun tidak kalah dengan produk dari luar, bahkan harga pun bersaing, termasuk kemasan pun tidak kalah dengan cemilan yang sering dijual di swalayan maupun toko cemilan.

De'Rusa merupakan binaan dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka PPU, sehingga tampil sebagai UMKM yang terus bertahan dan berkelanjutan.

"Makanan yang dijual di sini sudah dikemas menggunakan peralatan yang modern, karena pengelola memang rajin mengikuti kemajuan zaman. Bahkan produk yang dijual sudah bersertifikat halal dari BPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI)," ujar Rizal.

Sebelumnya, De'Rusa dikunjungi rombongan Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim yang memboyong sejumlah wartawan dan para kreator ke De'Rusa pada Jumat (10/5/2024).

Baca juga: Karpet Merah Buat Investor di IKN, Bisa Dapat HGB hingga 160 Tahun

Dia berharap kunjungan ini bisa membawa berkah ke depan, seiring dengan dilakukan publikasi lewat media massa maupun media sosial masing-masing peserta rombongan.

"Kedatangan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim bersama peserta Familiarization Trip (Famtrip) Paradise of The East dari berbagai media ini tentu akan berdampak positif bagi perkembangan UMKM lokal, karena masing-masing media bisa berpromosi, apalagi kualitas hingga rasa produk lokal yang tidak kalah dengan produksi luar daerah," tuntas Rizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com