Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Sepaku Semoi, Sumber Air IKN Siap Diresmikan Jokowi Besok

Kompas.com - 03/06/2024, 15:31 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Bendungan Sepaku Semoi sebagai penyedia air baku Ibu Kota Nusantara (IKN), akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Selasa (4/6/2024).

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga memastikan hal itu kepada Kompas.com, Senin (3/6/2024).

"Iya peresmian dilakukan Senin siang sekitar pukul 12.00 WITA. Saat ini kapasitas air di Bendungan Sepaku Semoi sudah full ya," ujar Danis.

Baca juga: Jokowi Bakal Menginap di Rumah Menteri saat Groundbreaking Ke-6 IKN

Bendungan yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi sumber air utama di IKN.

Infrastruktur sumber daya air yang menelan investasi Rp 556 miliar ini selesai dibangun dan telah dilakukan pengisian air atau impounding sejak tahun lalu.

Pengisian Bendungan Sepaku Semoi ditandai pemutaran tuas untuk pembendungan air yang dilakukan oleh Jokowi Kamis (21/9/2023).

Bendungan ini dirancang dengan kapasitas 2.000 liter per detik untuk IKN dan 500 liter per detik yang dialokasikan untuk Balikpapan.

Selain sebagai penyedia air baku, Bendungan Sepaku Semoi juga berfungsi sebagai pengendali banjir, utamanya di daerah hilir yang kerap mengalami masalah ini.

"Bendungan Sepaku Semoi juga diharapkan bisa menjadi sumber daya listrik. Rencananya, bendungan akan dilengkapi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung berkapasitas 100 megawatt (MW)," tuntas Danis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com