Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2024, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memastikan, waktu tempuh dari Bandara Naratetama atau VVIP ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) hanya 15 menit.

"Kalau bandara (VVIP) rampung, mau ke IKN hanya 15 menit," ujar Jokowi saat meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek-proyek sektor keuangan dan perbankan dalam dua hari Kamis (29/2/2024) dan Jumat (1/3/2024).

Jokowi menyampaikan, saat ini IKN memang terkesan jauh dari Jakarta. Dari Kota Balikpapan juga memakan waktu hampir dua jam.

"Kalau turun (pesawat) di Balikpapan atau dari Balikpapan bila ada tol sekitar 45 menit. Sebelumnya saya minta (Kementerian PUPR) 30 menit. Tapi ada belokan (lahan topografis), jadi sekitar 45 menit," imbuh Jokowi.

Baca juga: Bandara Sepinggan-IKN Bakal Tersambung Tol, Ini Progresnya

Namun, kata Presiden, lamanya waktu tempuh karena pembangunan Bandara VVIP dan Jalan Tol IKN belum rampung.

Oleh karena itu, Kepala Negara mengharapkan, dengan adanya infrastruktur jalan tol dan Bandara VVIP, volume lalu lintas ke IKN makin ramai.

"Kita harapkan Kota Nusantara ini akan menjadi sebuah kota yang hidup. Tidak hanya urusan pemerintahan, tapi di bayangan saya kalau fasilitas-fasilitas nanti sudah komplet, konser-konser besar nanti akan bisa diadakan di IKN,” tutur Presiden.

Presiden yakin, pembangunan infrastruktur merupakan langkah strategis untuk meningkatkan aktivitas ekonomi.

Lebih lanjut, ia menuturkan, Pemerintah juga tengah berupaya menjadikan IKN sebagai pusat ekoturisme.

Baca juga: Ini Jalur yang Akan Dilintasi VVIP Sambut 17 Agustus 2024 di IKN

IKN diharapkan mewujud sebagai kota yang hijau, sesuai dengan konsep kota pintar atau smart city dengan rencana untuk mengembalikan hutan monokultur menjadi hutan hujan tropis.

“Ini akan menjadi sebuah kota yang hijau, forest city karena akan banyak nanti bank-bank yang ada di sini dengan digital banking-nya. Ini akan betul-betul sesuai dengan konsep smart city yang akan kita bangun betul-betul kejadian,” ujar dia.

Jadi 10 tahun

Menurut Presiden, IKN akan menjadi kota yang hidup dalam 10 tahun mendatang, dan dihuni masyarakat Indonesia.

"Kita perkirakan dalam 10 tahun kota ini (IKN) akan sudah menjadi kota yang hidup, yang dihuni oleh banyak masyarakat kita," ujar Jokowi.

Sejalan dengan hal tersebut, Jokowi mengatakan, pemerintah juga akan memindahkan aparatur sipil negara (ASN) secara bertahap ke IKN.

Baca juga: Paskibra Akan Tempati Rusun ASN Sebulan Jelang HUT ke-79 RI di IKN

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com