Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat IKN, e-Walk dan Pentacity Dibanjiri Pengunjung dan Peritel Menengah Atas

Kompas.com - 02/04/2024, 20:43 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) yang menunjukkan progres konstruksi signifikan, membawa dampak luar biasa terhadap jumlah kunjungan dan ekspansi para tenant di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Hal itu setidaknya dialami oleh dua pusat perbelanjaan yang dikembangkan oleh PT Wulandari Bangun Laksana Tbk, e-Walk dan Pentacity.

Deputy General Manager Business e-Walk dan Pentacity Meivy Mergan mengungkapkan, sejak rencana relokasi Ibu Kota Negara diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019, ketertarikan atau minat para peritel skala lokal dan nasional meningkat.

Baca juga: Karena IKN, Okupansi Mal Terbesar di Kalimantan Timur Tembus 80 Persen

"Tren ini terus berlangsung usai Pandemi Covid-19 pada 2022 ketika Uniqlo secara resmi menjadi salah satu anchor tenant di Pentacity akhir 2022 lalu. Kemudian berturut-turut diikuti beberapa store MAP active pada 2023," tutur Meivy kepada Kompas.com, Senin (1/4/2024).

Menurut Meivy, tak hanya dua tenant kelas internasional tersebut yang berminat masuk, peritel lainnya yang selama ini hanya ditemui di Jakarta serta kota-kota besar di Pulau Jawa pun antre dalam daftar tunggu alias waiting list.

Interior sepanjang Ramadhan dan menyambut Idulfitri 1445 H di Pentacity, Balikpapan, Kalimantan Timur.WBL Interior sepanjang Ramadhan dan menyambut Idulfitri 1445 H di Pentacity, Balikpapan, Kalimantan Timur.
Hingga saat ini, tingkat okupansi keduanya mencapai masing-masing 97,08 persen untuk e-Walk, serta 81,35 persen untuk Pentacity, dan akan terus meningkat ke depannya.

Selain kehadiran IKN, strategi upgrading dalam hal desain, kelas tenant, dan juga pelayanan diterapkan secara ketat oleh manajemen.

Meivy mengungkapkan, ada klausul baku dalam surat perjanjian atau kontrak sewa antara manajemen dan tenant bahwa selama dalam kurun waktu tertentu mereka harus melakukan adaptasi dan perubahan atas gerai/toko/outlet sesuai dinamika perkembangan.

Baca juga: Balikpapan, Kota Pertama Uji Coba Platform Mobilitas Pintar Sergek

"Klausul ini sebelumnya memang telah kami bicarakan dan sosialisasikan. Jika mereka tidak mau mengikuti, ya kami akan ganti dengan tenant baru lainnya yang masuk daftar waiting list," imbuh Meivy.

Strategi ini terbukti ampuh membuat e-Walk dan Pentacity menjadi lokasi ekspansi para tenant baik kelas nasional maupun internasional.

Bahkan dalam waktu dekat, dua jenama internasional seperti MLB dan Bath and Body Works akan segera hadir. Selain itu, beberapa tenant lainnya, baik dari kelas nasional maupun internasional, telah masuk dalam daftar tunggu dan akan dibuka seiring berjalannya waktu.

Dengan kelengkapan tenant yang menyasar segmen seluruh keluarga menengah ke atas dalam konsep one stop living entertainment, kedua mal ini selalu ramai pengunjung.

Antusiasme pegunjung pada Balloon Drop Ramadhan Shopping Marathon 30 Maret 2024 di e-Walk, Balikpapan, Kalimantan TimurWBL Antusiasme pegunjung pada Balloon Drop Ramadhan Shopping Marathon 30 Maret 2024 di e-Walk, Balikpapan, Kalimantan Timur
Dalam catatan manajemen, jumlah kunjungan berada pada angka 20.000-25.000 orang saat hari kerja atau weekdays, dan 40.000-50.000 pengunjung saat akhir pekan atau weekend.

Sementara kunci keberhasilan lainnya yang diterapkan manajemen adalah kreativitas dalam menggelar event baik hiburan, pendidikan, hobi, kuliner, fashion show maupun talkshow serta atraksi secara reguler.

Sebut saja Ramadan Fusion Galleria yang diadakan tanggal 4-14 April 2024, dengan menghadirkan beberapa exhibitor.

Baca juga: Tak Hanya Amplang, Cream Puff Jadi Pilihan Buah Tangan dari Balikpapan

Kemudian puncak acara pada tanggal 6 April 2024 yang menampilkan slot show brand L by Laudya Cynthia Bella dan Talkshow bersama Ayu Diah Andari.

Untuk diketahui e-Walk dan Pentacity berada dalam sebuah pengembangan terintegrasi bertajuk Balikpapan Superblock (BSB).

Selain dua mal ini, terdapat pula Astara Hotel Balikpapan, Pentacity Hotel, Grand Jatra Hotel Balikpapan, J Icon Hotel Balikpapan, Pantai BSB, BSB Seafood 45, dan Aquaboom Waterpark.

Kemudian Nusa Lumina, BSB Superbowling, Embassy Club, Score Sport & Lounge, Bina Bangsa School, PAM Tower Balikpapan, CNC Fitness, Stark Ribs & Burger, Foot Lab, dan HOB.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com