Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2024, 05:44 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Pekerja konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) ramaikan puncak arus mudik di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (5/4/2024).

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Ahmad Syaugi Shahab mengungkapkan, mereka berjumlah sekitar 20-30 persen dari separuh puncak arus mudik pada Jumat sore yang telah mencapai 13.000 penumpang dari total prediksi 20.282 penumpang.

"Jadi, sekitar 3.900 pekerja IKN mudik dengan menggunakan jasa Bandara Sepinggan ini," ujar Syaugi.

Baca juga: Puncak Arus Mudik di Bandara SAMS Sepinggan 5 April, Ada 20.282 Penumpang

Selain pekerja konstruksi IKN, terdapat pekerja dari perkebunan kelapa sawit, pertambangan batubara, Refinery Development Master Plan (RDMP), dan juga pekerja lainnya yang sudah mengantongi Tunjangan Hari Raya (THR).

Menurut Syaugi, Jumat (5/4/2024) ditetapkan sebagai puncak arus mudik bagi bandara SAMS Sepinggan karena bersamaan dengan tuntasnya jam kerja para karyawan.

"Jadi, banyak yang memanfaatkannya untuk pulang ke kampung halaman," imbuh Syaugi.

Sementara penetapan cuti atau libur bersama Nasional mulai Sabtu (6/4/2024) hingga Senin (15/4/2024).

Adapun penerbangan ke luar Balikpapan, didominasi tujuan Pulau Jawa, mulai dari Jakarta, Semarang, Surabaya, hingga Surakarta.

Baca juga: Ribuan Pekerja Konstruksi IKN Mudik Bareng, 1.258 Orang Pakai Hercules

Sebagai informasi, dalam mengantisipasi jumlah penumpang sekaligus memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jasa Bandara SAMS, PT Angkasa Pura I membuka Posko Terpadu Angkutan Udara.

"Hal ini sesuai dengan Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor IR 01 Tahun 2024, bahwa selama periode Lebaran wajib dibentuk Posko Pengendalian Angkutan Udara oleh Penyelenggara Bandar Udara," kata Syaugi.

Penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2024 dilaksanakan selama 16 hari yaitu tanggal 3 April sampai dengan 18 April 2024.

Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran ini bertujuan untuk memastikan keselamatan, keamanan, kelancaran, ketertiban, dan kenyamanan penumpang baik yang datang maupun berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com