Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2024, 16:53 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) yang merupakan proyek strategis nasional (PSN) dipastikan dalam kondisi aman, dan terkendali, kendati ditinggal mudik para pekerjanya.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik memastikan hal itu usai melepas mudik 500 peserta program "Mudik Asyik BUMN 2024", di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Minggu (7/4/2024).

Menurut Akmal, banyak pekerja infrastruktur IKN yang mudik. Namun, walaupun mereka mudik, infrastruktur strategis tetap dijaga.

"Kami berharap semua dalam situasi aman, dan kondusif, dan para pemudik (pekerja infrastruktur) selamat sampai tujuan, dan para ASN/PNS kembali bekerja sesuai waktu yang ditetapkan," tutur Akmal.

Baca juga: Begini Suasana Ramadhan di IKN, Kumandang Adzan, Gemerlap Lampu Proyek, dan Rajutan Keberagaman

Hal senada dikatakan Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo. Menurutnya, pengamanan IKN tidak berhenti, dilakukan selama 24 jam penuh.

"Kami menjaga kawasan IKN lebih intensif, sementara ditinggal mudik oleh para pekerja. Dan secara umum tidak ada gangguan keamanan. Selruruhnya aman dan kondusif," tegas Tri kepada Kompas.com.

Untuk pengamanan IKN selama perhelatan mudik Lebaran 2024, Kodam VI Mulawarman mengerahkan 100 personil.

Bahkan, guna memastikan bahwa PSN di IKN tersebut berjalan dengan tertib dan terkendali, serta untuk menjamin keamanan dan kelancaran selama bulan Ramadhan, Tri dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto melakukan kunjungan kerja.

Dalam kunjungannya, Pangdam dan Kapolda meninjau langsung progres pembangunan Bandara VVIP dan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, serta melihat kondisi Pos Pelayanan Operasi Ketupat di Sepaku.

Seorang pekerja konstruksi masih memastikan pekerjaan infrastruktur Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (5/4/2024).KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Seorang pekerja konstruksi masih memastikan pekerjaan infrastruktur Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (5/4/2024).
Nanang menyampaikan harapan bahwa proyek-proyek ini akan menjadi ladang ibadah bagi semua pihak yang terlibat, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar.

Kedua pejabat tersebut juga mengucapkan doa agar bulan Ramadhan menjadi momentum untuk meningkatkan ketaqwaan dan keberkahan bagi seluruh umat muslim.

Dengan kunjungan ini, diharapkan semua pihak dapat bekerja sama untuk memastikan keberlangsungan proyek-proyek pembangunan serta menjaga keamanan dan ketertiban selama bulan Ramadhan.

Kodam VI Mulawarman juga melakukan pengamanan di titik-titik rawan dan strategis, terutama di Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara (PPU), dan seluruh wilayah Kalimantan Timur.

Baca juga: Starlink Milik Elon Musk Akan Diuji Coba di IKN Mei 2024

Demikian halnya jaminan keamanan juga diberikan oleh Pangkalan TNI AL Balikpapan atau Lanal Balikpapan.

Menurut Danlanal Balikpapan Kolonel Laut Edi Kiswanto pengamanan di perairan Balikpapan selama perhelatan mudik dan kelak arus balik Lebaran, dilaksanakan seoptimal mungkin.

"Kami mengamankan wilayah perairan Kalimantan Timur, terutama Balikpapan, Samarinda, Tarakan, melalui operasi-operasi yang digelar di laut, sehingga kami dalam hal ini TNI AL melaksanakan pengamanan-pengamanan sesuai dengan tugas kami," tutur Edi kepada Kompas.com.

Lanal Balikpapan sendiri mengerahkan 50 personil untuk menjaga perairan Kaltim sejak H-7 hingga H+7 Lebaran 2024.

"Hingga sejauh ini aman, tidak ada gangguan keamanan. Kami senantiasa siap siaga mengantisipasinya," tandas Edi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com