Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2024, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Sebentar lagi, konektivitas Ibu Kota Nusantara (IKN) makin lengkap, seiring akselerasi pembangunan jalan tol yang menunjukkan progres signifikan.

Jalan tol yang menjadi akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 Kariangau.

Sehingga nantinya pengguna tidak perlu lagi melewati Tol Balsam hingga KM 33, kemudian menuju Sepaku dan masuk ke IKN yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Jaringan Jalan Tol IKN diharapkan dapat fungsional sebelum pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 di IKN.

Baca juga: Astra Biz Center Ketiga di Indonesia Hadir di IKN

Pembangunan jalan Tol IKN yang sedang berjalan saat ini terdiri dari tiga seksi yakni Tol 3A Karang Joang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer dengan progres 77,59 persen.

Kemudian, Tol 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 kilometer dengan progres 86,09 persen, dan Tol 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6.7 kilometer dengan progres 83,62 persen.

Untuk meningkatkan konektivitas ke IKN Nusantara, Kementerian PUPR juga membangun duplikasi Jembatan Pulau Balang bentang pendek yang berada sekitar 500 meter dari Jembatan Pulau Balang bentang panjang.

Jembatan ini dibangun sejak Januari 2024 berdampingan dengan jembatan lama sepanjang 512 meter, perkembangannya saat ini mencapai 79,87 persen.

Baca juga: Universitas Pertama di IKN Resmi Dibangun

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta agar pekerjaan beautifikasi Jembatan Pulau Balang bisa selesai sebelum Agustus 2024.

“Saya minta agar dipastikan proses pengecatan jembatan dan tata cahayanya diselesaikan sebelum Agustus,” ucap Basuki, saat kunjungan kerja Selasa (4/6/2024).

Duplikasi Jembatan Pulau Balang bentang pendek memiliki 4 pilar di zona laut dan 4 pilar di zona darat.

Konstruksi jembatan dibiayai APBN tahun jamak 2023-2024 senilai Rp 498 miliar.

Duplikasi jembatan Pulau Balang bentang pendek ini penting untuk melengkapi Jembatan Pulau Balang bentang pendek yang lama sekaligus menghubungkan Jembatan Pulau Balang bentang panjang yang sudah selesai pembangunannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com