Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Titik Panas di Kalimantan Timur Turun

Kompas.com - 19/02/2024, 12:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Jumlah titik panas yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami penurunan yakni dari 66 titik pada Sabtu (17/2/2024) menjadi 24 titik pada Minggu (18/2/2024).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya penurunan, terpantau sepanjang Minggu mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida menuturkan, informasi sebaran titik panas ini pun sudah disampaikan ke pihak terkait.

Sebut saja Dinas Penyelamatan dan Pemadaman Kebakaran, Manggala Agni, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut.

Baca juga: Kerugian Akibat Kebakaran Gardu Induk Industri Balikpapan Masih Dikaji

Meskipun jumlah titik panas mengalami penurunan, Diyan tetap mengimbau semua pihak selalu waspada dan mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seperti tidak melakukan pembakaran di hutan maupun di lahan.

"Kewaspadaan perlu dilakukan karena sejumlah kawasan masih mengalami cuaca panas dalam beberapa hari berturut-turut, sehingga hal ini dapat menyebabkan ranting dan daun mengering yang rawan terjadi karhutla saat terkena api maupun bara yang kecil," tutur Diyan, dilansir dari Antara, Senin (19/2/2024).

Sebanyak 66 titik panas yang terdeteksi pada Sabtu (17/2) tersebar di tujuh kabupaten/kota yakni Kota Samarinda dua titik, Kabupaten Paser (2), Penajam Paser Utara (1), Kutai Barat (3), Kutai Timur (38), Kutai Kartanegara (19), dan Kabupaten Mahakam Ulu (1).

Sedangkan 24 titik panas yang terdeteksi pada Ahad (18/2) tersebar hanya di satu kabupaten, yakni Kabupaten Kutai Timur yang tersebar di empat kecamatan.

Empat kecamatan itu yakni Kecamatan Sangatta Utara tiga titik, Bengalon (16), Kaubun (1), dan Kecamatan Rantau Pulung (4) titik panas.

"Semua titik panas yang terpantau kemarin memiliki tingkat kepercayaan menengah," tuntas Diyan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com