Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2024, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) jika infstrastuktur jalan tol dan Bandara VVIP atau Naratetama jadi.

Jokowi mengungkapkan hal ini usai peresmian peletakan batu pertama atau groundbreaking tiga gedung kantor bank BUMN Mandiri, BNI, dan BRI, di IKN, Kamis (29/1/2024).

"Saya nunggu airport-nya jadi, jalan tol-nya jadi," ujar Jokowi.

Sementara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan mulai berkantor pada Juli 2024 dengan menempati Rumah Tapak jabatan Menteri (RTJM).

Baca juga: Bentang Sayap Garuda Raksasa di IKN 177 Meter, Diselubungi 4.650 Bilah

Basuki berkantor di IKN untuk memastikan percepatan pembangunan infrastruktur Batch 1 yang mencakup Kawasan Istana Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yakni Istana Presiden, Istana Negara, lapangan Upacara, Sumbu Kebangsaaan Sisi Barat dan Sisi Timur.

Selain itu juga memastikan pembangunan empat gedung kementerian koordinator dan fasilitas penunjang lainnya tepat waktu agar siap digunakan menjelang upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2024.

Ada pun progres pembangunan Jalan Tol IKN tahap I berjalan di tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

Baca juga: Kantor OJK Segera Dibangun di IKN

Per 8 Februari 2024, Seksi 5A sudah 77,5 persen, Seksi 3A sudah 69,7 persen, dan 3B sudah 69 persen.

Ketiga ruas tol ini ditargetkan bisa dioperasikan secara fungsional pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Agustus ini.

Sementara proyek pembangunan Bandara IKN bakal diuji coba pada Juli 2024. Konstruksi Bandara Naratetata ini berjalan sesuai dengan rencana.

"Saya lihat pembangunan Bandara IKN progresnya bagus. Pengerjaannya juga sesuai arahan Presiden, yakni tetap mempertahankan kehijauan alam sekitar. Saya harap pembangunan Bandara IKN dapat sesuai rencana, sehingga bisa diujicobakan pada bulan Juli nanti," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com