Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2024, 16:42 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara atau Bankaltimtara resmi memulai groundbreaking (peletakan batu pertama) cabang baru bank tersebut di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Jumat (1/3/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir untuk meresmikan kegiatan tersebut sekaligus menegaskan pentingnya transformasi ekonomi dan inklusi keuangan di seluruh Indonesia.

Dia juga menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah dan sektor swasta dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

"Di sini akan menjadi pusatnya transformasi ekonomi. Jadi, saya senang ada bank lokal yang berpartisipasi, kita harapkan UMKM, pembangunan di daerah juga bisa ikut terlibat sehingga ekonomi di Kalimantan semakin baik," katanya.

Baca juga: Rusun IKN Topping Off, Perpindahan ASN Hankam Dimulai Juli 2024

Sementara itu, Direktur Utama Bankaltimtara Muhammad Yamin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak terkait dan menyatakan antusiasme perusahaan dalam memulai pertumbuhan dan kemitraan dengan OIKN.

Dengan ini, Bankaltimtara menegaskan kesiapan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang berkualitas dan berkelanjutan, serta inklusi keuangan.

Kantor cabang Bankaltimtara di Nusantara akan menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan, termasuk rekening pribadi dan bisnis, pinjaman, peluang investasi, dan solusi perbankan digital.

Dengan memanfaatkan teknologi inovatif dan pendekatan berorientasi pelanggan, Bankaltimtara bertujuan untuk memberdayakan individu dan bisnis untuk mencapai tujuan keuangan secara efektif.

Dengan estimasi investasi mencapai Rp 39 miliar dan luas tanah sebesar 9.300 meter persegi, kantor cabang ini diharapkan memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat sekitar serta terlibat dalam inisiatif lokal untuk memberikan dampak positif bagi komunitas yang dilayani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com