Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2024, 13:05 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Dua kota Balikpapan dan Samarinda dianggap sebagai roda penggerak pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni menegaskan hal itu saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IKN yang digelar Otorita IKN (OIKN).

Menurut Sri Wahyuni, kedua kota Kaltim tersebut telah memiliki infrastruktur cukup lengkap sebagai penunjang IKN.

"Di antara mitra tersebut yang menjadi penggerak adalah Kalimantan Timur. Karena memang IKN wilayahnya di Kaltim, Samarinda dan Balikpapan menjadi superhubnya IKN," cetus Sri Wahyuni, dikutip dari Antara, Minggu (17/3/2024).

Baca juga: Kutai Kartanegara Bidik Penurunan Angka Kemiskinan 5 Persen

Dia menjelaskan, IKN telah membuka ruang kerja sama dengan semua daerah di Indonesia. Namun, khusus untuk daerah di Pulau Kalimantan, tetap sebagai mitra penyangga.

Melalui Rakornas ini, lanjut Sri, pemerintah daerah juga jadi tahu pemerintahan khusus ibu kota negara dan peluang yang bisa dikerjasamakan dengan IKN.

Menurutnya, ada banyak peluang investasi untuk semua daerah, khususnya pengusaha daerah yang berminat menanamkan modalnya di IKN.

Namun, yang perlu ditunggu adalah Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan profil kawasan yang dibuka untuk investasi.

Baca juga: Cara Balikpapan Jaga Stabilitas Harga dan Stok Pangan Jelang Lebaran

"Kita bisa memberikan masukan kepada OIKN. Sejalan dengan kita sedang menyusun blue print kawasan pengembangan IKN, yang juga bisa menjadi bahan kita dalam memberikan masukan ke IKN,” jelas Sri Wahyuni.

Sementara itu, Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakan IKN merupakan masa depan bangsa yang visi besarnya mewujudkan Kota Dunia untuk semua.

"Karena IKN adalah milik semua dan menjadi tanggung jawab bersama untuk mewujudkannya," jelas Bambang

Rakornas merupakan pengenalan IKN sebagai loncatan peradaban Indonesia sekaligus membahas potensi kerja sama antara OIKN dengan pemerintah daerah.

Baca juga: Samarinda Siapkan Lima Program Prioritas 2025, Ini Rinciannya

IKN sebagai episentrum pembangunan, maka simpul kemitraan strategis termasuk dengan pemerintah daerah sangat dibutuhkan, karena IKN adalah milik bersama untuk mewujudkannya.

"Kolaborasi dan sinergi antar lembaga merupakan kunci keberhasilan untuk mewujudkan peradaban baru yang berdampak positif bagi kemajuan bangsa," tuntas Bambang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com