Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2024, 16:17 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Pengamanan perhelatan mudik Lebaran/Idul Fitri 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, berlangsung aman, tertib, dan terkendali.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) VI Mulawarman Kolonel Kav Kristiyanto memastikan hal itu kepada Kompas.com, Senin (15/4/2024).

"Sampai detik ini tidak ada catatan khusus dalam evaluasi pengamanan mudik Idul Fitri 1445 H/2024 M. Semua berjalan sesuai yang direncanakan," ujar Kristiyanto.

Baca juga: Penampakan Terkini Kawasan Istana Presiden di IKN

Pengamanan IKN, proyek strategis nasional (SN), dan obyek-obyek vital negara, dilakukan selama 24 jam penuh, tanpa henti.

Kodam VI Mulawarman beserta stakeholder terkait seperti Polda Kalimantan Timur, Lantamal Kalimantan Timur, Lanud Kaltimantan Timur, serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menjaga kawasan IKN lebih intensif.

Bahkan, untuk pengamanan IKN selama perhelatan mudik Lebaran 2024, Kodam VI Mulawarman mengerahkan 100 personil.

Baca juga: UPDATE Tol IKN 3B yang Dilengkapi Koridor Satwa Tembus 79,52 Persen

Kodam VI Mulawarman juga melakukan pengamanan di titik-titik rawan dan strategis, terutama di Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara (PPU), dan seluruh wilayah Kalimantan Timur.

Terkait pengamanan pasca libur Lebaran/Idul Fitri, Kodam VI Mulawarman masih tetap siaga memantau perkembangan arus balik, termasuk di IKN dan provinsi Kalimantan Timur, serta bersinergi dengan Polda Kalimantan Selatan, dan Polda Kalimantan Utara.

"Kodam VI Mulawarman bersama Polda Kalimantan Timur, Polda Kalimantan Selatan dan Polda Kalimantan Utara akan bersinergi untuk mengamankan arus balik pasca Lebaran baik di pelabuhan, bandara, terminal maupun titik-titik keramaian khususnya di IKN agar berjalan lancar dan aman," tuntas Kristiyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com