Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN Sudah 90 Persen

Kompas.com - 08/06/2024, 17:02 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengatakan, persiapan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024 sudah hampir beres.

"Saya kira 90 persen. Nanti Juli beliau (Presiden Joko Widodo) akan ke sana lagi untuk final check-nya," kata Basuki saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Bahkan, Presiden Jokowi dalam kunjungannya pekan lalu telah melakukan pengecekan secara langsung.

Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan perdana di IKN ini juga akan disutradarai oleh Wishnutama, yang pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Jadi semua sudah siap, panggungnya kayak apa, tendanya kayak apa, supaya kelihatan Istana dan Kantor Presiden, bagaimana tata urutannya, Insya Allah sudah siap," lanjut Basuki.

Sementara untuk hunian petugas upacara dan paspampres akan menggunakan rumah susun (rusun) aparatur sipil negara (ASN).

Baca juga: AHY Ungkap Biang Kerok 2.086 Hektar Lahan di IKN Masih Bermasalah

"Insya Allah pada Juli-Agustus nanti 12 rusun sudah fully furnished, untuk ditempati para peserta upacara," tutur Basuki.

Sedangkan Jokowi dan rombongan akan menginap di rumah tapak jabatan menteri IKN, yang juga telah dijajal pada kunjungan mereka pekan lalu.

"Istana Presiden juga selesai. Sehingga semua logistik, jumlahnya ini sedang dihitung berapa pesertanya, karena itu menyambut akomodasi, catering. Tapi overall itu sudah bisa dinyatakan siap," tuntas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com