Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamis-Jumat Pekan Ini, "Groundbreaking" Kelima IKN Dilaksanakan

Kompas.com - 26/02/2024, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Groundbreaking proyek garapan investor swasta dan publik tahap lima di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal dilaksanakan pada pekan ini, tepatnya Kamis (29/2/2024) dan Jumat (1/3/2024).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga dalam Seminar Dentons HPRP Law and Regulations Outlook 2024 Menuju Ibukota Baru Nusantara: Pembiayaan dan Kesiapan Infrastruktur di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (26/2/2024).

"Minggu ini akan dilaksanakan groundbreaking kelima, minggu ini hari Kamis dan Jumat," ujar Danis dalam sambutannya.

Sejumlah proyek yang akan mulai dibangun pada kesempatan tersebut adalah Gedung Bank Mandiri, Bank BRI, hingga BPJS.

"Kelima akan ada groundbreaking Bank Mandiri, Bank BRI, kemudian dari sektor keuangan, BPJS, dan sebagainya," lanjut Danis.

Pada kesempatan berbeda, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menargetkan bisa meraih investasi publik dan swasta sebesar Rp 100 triliun.

Baca juga: Bocoran Proyek Botanical Garden Garapan Djarum dan Wings di IKN

"Target 2024 Rp 100 triliun investasi, bisa publik dan swasta," ujar Kepala OIKN Bambang Susantono saat ditemui di Nusantara Fair di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Sementara total investasi publik dan swasta yang telah masuk ke IKN dari tahun 2023 hingga groundbreaking keempat pada Januari 2024 adalah sekitar Rp 47,5 triliun.

Sedangkan untuk investasi yang berasal hanya dari swasta adalah senilai Rp 35,9 triliun.

"Mudah-mudahan Insya Allah yang kita lihat pada groundbreaking mendatang, kan Bank Indonesia (BI) sudah, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sudah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang belum kan. Kemudian juga nanti beberapa bank termasuk saya mohon maaf sudah membocorkan (Mandiri akan ikut groundbreaking kelima)," tuntas Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com