Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2024, 07:32 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Teknologi smart home atau rumah pintar, adalah salah satu fitur paling menonjol yang ada di Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Dari pantauan Kompas.com secara eksklusif Kamis (1/2/2024), teknologi smart home ini tidak sebatas pada instalasi kamera pengintai alias closed circuit television (CCTV), melainkan juga keseluruhan aktivitas yang memudahkan kehidupan penghuninya.

Deputy Project Manager PT Adhi Karya (Persero) Tbk untuk proyek RTJM Totok Indarto menjelaskan, teknologi smart home ini terintegrasi dengan smartphone atau gawai pintar melalui sistem berbasis aplikasi.

Baca juga: Dekat IKN, Kawasan Industri dan Properti Rp 842,38 Miliar Ini Menanti Investor

"Pada aplikasi ini terdapat fitur-fitur yang terkait dengan aktivitas domestik (rumah tangga), seperti menghidupkan lampu, menutup dan membuka gorden, menyalakan televisi, mengatur suhu udara, dan mengunci pintu (door lock system) secara one touch button," papar Totok.

Selain itu, di setiap ruangan terdapat panic button yang terkoneksi langsung dengan command center untuk menjaga dan memastikan keamanan, dan keselamatan penghuni.

Hingga saat ini, progres pembangunan RTJM telah menyentuh angka 85 persen atau mengalami deviasi positif dari jadwal yang ditetapkan dalam perjanjian kontrak pelaksanaan konstruksi.

Smart home panel dan punic button yang merepresentasikan kecanggihan teknologi pada Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Ibu Kota Nusantara (IKN).KOMPAS.com/Hilda B Alexander Smart home panel dan punic button yang merepresentasikan kecanggihan teknologi pada Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Sehingga diharapkan, sebelum 8 Juni 2024, seluruh dari total jumlah 36 unit RTJM dapat tuntas dikerjakan dan mulai dihuni oleh para menteri.

RTJM dirancang dengan konsep yang mengusung dua langgam arsitektur; modern kontemporer dan modern klasik. 

Dibangun sebanyak 36 unit dengan 34 unit di antaranya saat ini sedang proses pekerjaan struktur paralel dengan pekerjaan mechanical, electrical, dan plumbing (MEP). Sementara dua unit rumah sudah dalam tahap pekerjaan interior dan lanskap.

Baca juga: Groundbreaking Kelima IKN Masih Tunggu Jadwal Presiden

Per unit RTJM memiliki luas bangunan 736 meter yang mencakup total 8 kamar tidur, dan lima kamar mandi serta ruang pertemuan, ruang kerja, ruang keluarga, dapur, garasi, ruang panel utilitas, EV charging unit, dan outdoor barbeque facility.

Pembangunan RTJM didesain dapat merespons kondisi topografi berkontur. Terdiri dari dua tipe rumah yang mengikuti kontur lahan, yaitu tipe upslope dan downslope.

Untuk tipe downslope yang dibangun sebanyak 11 unit, diperuntukkan bagi hunian yang berada di lereng bukit sehingga elevasi belakang rumah lebih rendah daripada elevasi jalan.

Selain mengikuti kontur lahan sehingga meminimalisasi cut and fill, RTJM/Pejabat Negara dirancang untuk responsif terhadap iklim dan bencana.

Master bedroom atau kamar tidier utama di Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) Ibu Kota Nusantara (IKN)KOMPAS.com/Hilda B Alexander Master bedroom atau kamar tidier utama di Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) Ibu Kota Nusantara (IKN)
Penataan jalur bagi pedestrian di sekitar lokasi pembangunan juga dilakukan supaya kondisi lingkungan tetap terjaga dan nyaman untuk dihuni.

Energi bersih

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com