Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujudkan Transportasi Ramah Lingkungan di IKN, Bluebird Koordinasi dengan Otorita

Kompas.com - 15/02/2024, 18:33 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - PT Blue Bird Tbk atau Bluebird sejatinya telah memulai pembangunan transportasi ramah lingkungan di kawasan penunjang Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (21/12/2023).

Prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bersama Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono.

Namun, sejauh ini realisasi konstruksi fisik akan mengikuti perkembangan pembangunan di IKN yang dikoordinasikan oleh Otorita IKN (OIKN) bersama kementerian terkait mulai dari pembangunan gedung, jalan, hingga utilitas pendukung.

Baca juga: IKN Berlanjut Perekat Warga Kaltim Kompak Sambut Hasil Quick Count

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono mengungkapkan hal itu kepada Kompas.com, Kamis (15/2/2024). 

Kendati demikian, Adrianto menegaskan, Bluebird tetap berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem transportasi ramah lingkungan di IKN dengan nilai investasi sebesar Rp 250 miliar.

"Agar komitmen dan kontribusi tersebut dapat terealisasi sesuai rencana, kami terus berkoordinasi secara intensif dengan OIKN mengenai berbagai hal seperti kesiapan infrastruktur seperti jalan, gedung, hunian, dan utilitas pendukung lainnya," papar Adrianto.

Hal ini termasuk juga kepastian operasional perusahaan agar dapat berfungsi secara berkelanjutan dalam mendukung perkembangan IKN, serta penerapan kebijakan agar operator/investor bisa menikmati kebijakan tersebut dan mengakselerasi komitmen investasi untuk IKN.

Baca juga: Hotel Nusantara IKN Tembus Lantai 9, Siap Pre-Opening Juli 2024

Sementara, terkait waktu operasional sepenuhnya ekosistem Bluebird di IKN, Adrianto memastikan tetap mengikuti perkembangan pembangunan IKN dan tentunya dengan mempertimbangkan analisis operasional dan bisnis.

Hingga saat ini, Perseroan sendiri telah memiliki  pool di Balikpapan dengan layanan rental GoldenBird dan akan menjadi penunjang operasional hingga ekosistem IKN terbentuk.

Layanan rental ini tidak hanya dengan menggunakan armada ICE tetapi juga layanan Eelectric Vehicle (EV).

Bagi perseroan, Balikpapan merupakan kota penting dan setiap perkembangan mobilitas kota ini menjadi bagian dari analisis bisnis dan ekspansi operasional Bluebird.

Untuk makin memperkokoh kehadiran di kota ini, perseroan mengimplementasikan penerapan teknologi ramah lingkungan melalui penyediaan armada EV baik untuk taksi, rental, maupun bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com