Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2024, 12:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda sudah menyiapkan sejumlah program prioritas untuk Tahun Anggaran (TA) 2025 mendatang.

Wakil Wali Kota Samarinda Rsumadi Wongso menuturkan program prioritas yang dikonsultasi kan kepada publik pada Senin (19/2/2024) merupakan langkah awal yang sangat penting untuk mewujudkan pembangunan sesuai harapan.

"Akan muncul gagasan-gagasan, saran maupun aspirasi untuk langkah pembangunan Kota Samarinda sebagai kota pusat peradaban," ujar Rusmadi.

Baca juga: Berdampak Positif, Probebaya Dipastikan Berlanjut Tahun 2024

Dia mengharapkan semua program pembangunan di kota yang dirancang sebagai superhub bersama Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Balikpapan, ini dapat terintegrasi dengan baik secara konsisten dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.

Hal ini bertujuan agar program-program pembangunan ini mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapai Kota Samarinda dan masyarakatnya.

Rusmadi menjelaskan, sejumlah program yang menjadi prioritas dalam RKPD Kota Samarinda tahun 2025, yaitu pertama adalah peningkatan perdagangan, jasa, perindustrian dan pariwisata.

Kedua adalah penguatan infrastruktur strategis perkotaan dan pelayanan dasar bagi masyarakat. Ketiga, peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Keempat ,penguatan sumber daya manusia yang luhur dan berdaya saing. Dan kelima adalah penguatan pelayanan yang prima.

Program pembangunan tahun 2025 ini juga diharapkan mampu menjadi instrumen awal dari program pembangunan jangka panjang menuju Indonesia emas tahun 2045.

"Program-program pembangunan itu mampu meningkatkan perekonomian, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta mampu mengakselerasi daya saing investasi," tuntas Rusmadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com