Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2024, 15:05 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) buka suara terkait absennya investor swasta pada groundbreaking kelima IKN pekan lalu.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono menjelaskan hal ini saat ditemui dalam market sounding investor sektor perumahan IKN di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Agung mengatakan, yang menjadi fokus pada groundbreaking kelima adalah meraih investasi non-Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Sebenarnya yang penting adalah investasi dan dananya non-APBN," jelas Agung.

Adapun groundbreaking lima IKN bertabur proyek bank garapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Namun demikian, Agung membocorkan sejatinya sudah ada bank swasta yang ikut hadir di lokasi saat groundbreaking lima dilaksanakan.

Baca juga: AS Hibahkan Dana Rp 39 Miliar buat Pembangunan IKN

"Kemarin sudah ikut ke lokasi (bank swasta) tetapi mungkin belum dapat lokasi yang cocok saja. Kita namanya jualan, namanya lahan kan harus dapat yang cocok," tuntas Agung.

Sementara groundbreaking keenam IKN rencananya akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024 mendatang.

Sektor yang menjadi fokus dalam groundbreaking selanjutnya adalah pendidikan dengan harapan ada investor swasta yang ikut bergabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com