Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Ada 15.000 Pekerja IKN, Harga Bahan Pokok di Pasar Petung Stabil

Kompas.com - 25/03/2024, 13:32 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat selama bulan Ramadhan, Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun mengecek pasar Petung, Sabtu (23/3/2024).

Untuk diketahui, Pasar Petung di Kecamatan Penajam, ini merupakan pasar terbesar di Kabupaten PPU. 

Kendati ada pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang mempekerjakan lebih dari 15.000 orang, harga satuan sejumlah bahan pokok cenderung masih stabil.

Baca juga: Pj Bupati PPU Ungkap Pertemuan Tertutup dengan Prabowo di HPK IKN

Dari data yang berhasil dikumpulkan, beras Bulog 5 kilogram masih seharga Rp 57.500, kemudian cabe keriting Rp 40.000/kilogram, cabe rawit Rp 60.000 per kilogram, bawang merah Rp 40.000 per kilogram, bawang putih Rp 42.000 per kilogram, dan tomat Rp 22.000 per kilogram.

Sementara kebutuhan pokok lainnya juga tercatat masih stabil seperti ayam potong Rp 38.000 per kilogram, jagung Rp 10.000 per kilogram, dan timur Rp 10.000 per kilogram.

Pj Bupati PPU Makmur Marbun mengatakan, hasil pengecekan langsung di pasar Petung tersebut dipastikan harga kebutuhan bahan pokok belum ada perubahan.

”Kegiatan ini kami lakukan untuk melihat langsung harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di pasar. Kami bersyukur, sejumlah kebutuhan pokok masih stabil memasuki Ramadan ke-12 ini,” jelas Makmur.

Dia menambahkan, dari data yang dikumpulkan tersebut dirinya berharap dapat merumuskan langkah-langkah yang tepat dalam penanganan inflasi di Kabupaten PPU.

”Data ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan yang tepat guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat di Kabupaten PPU,” tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com