Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2024, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) siap dipimpin duet Pelaksana Tugas (Plt) Kepala dan Wakil Kepala OIKN Basuki Hadimuljono dan Raja Juli Antoni.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Mohammed Ali Berawi menegaskan hal itu kepada Kompas.com, Senin (3/6/2024).

Menurut Ale, sapaan akrabnya, pembangunan IKN untuk menjadi ibu kota yang hijau, cerdas, tangguh, inklusif, dan berkelanjutan harus tetap terwujud.

"Demi menyongsong Indonesia Emas 2045, dukungan akan terus diberikan termasuk kepada pelaksana tugas pimpinan OIKN untuk mewujudkan ibu kota negara, simbol peradaban Indonesia maju ini," tegas Ale.

Baca juga: Bambang Susantono Pamit dan Ucapkan Terima Kasih Usai Tak Lagi Jabat Kepala OIKN

"Kami bekerja untuk bangsa dan negara," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, mundurnya Bambang dan Dhony diumumkan oleh Istana hari ini, Senin (3/6/2024).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan, beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah menerima surat pengunduran diri dari Dhony, disusul oleh surat pengunduran diri Bambang.

"Beberapa waktu lalu Pak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Wakil Kepala Otorita IKN, Pak Dhony Rahajoe. Kemudian beberapa waktu berikutnya Pak Presiden juga menerima surat pengunduran diri dari Pak Bambang Susantono," kata Pratikno dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Pratikno menyebutkan, Jokowi pun telah meneken keputusan presiden terkait pemberhentian Bambang dan Dhony sebagai kepala dan wakil kepala Otorita IKN.

Baca juga: Basuki Ambil Alih Masalah Pembebasan 2.086 Hektar Lahan di IKN

"Pada hari ini telah terbit Keputusan Presiden (Keppres) Tentang Pemberhentian Pak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Pak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Disertai dengan ucapan terimakasih atas pengabdian beliau berdua," ujar Pratikno.

Bambang dan Dhony dilantik oleh Jokowi sebagai kepala dan wakil kepala Otorita IKN periode 2022-2027 pada 10 Maret 2022.

Sebelum berkiprah di Otorita IKN, Bambang dikenal luas sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi.

Bambang juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) dengan spesialisasi tugas urusan pengelolaan pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Dhony Rahajoe merupakan petinggi salah satu perusahaan swasta di Indonesia yang bergerak di sektor properti, yakni Sinarmas Land.

Penulis: Dian Eka NUgraheny I Editor Ardhito Ramadhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com