Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segudang Insentif Menanti Investor yang Bangun Kawasan Hortikultura di Kaltim

Kompas.com - 25/01/2024, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Investasi/BKPM menyiapkan 10 proyek yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), termasuk satu proyek di ibu kota nusantara (IKN), untuk dipromosikan kepada publik.

Ke-10 proyek ini merupakan bagian dari 12 proyek dalam Peta Peluang Investasi (PPI). Satu proyek lainnya berada di Provinsi Kalimantan Barat, dan satu proyek lagi di Jawa Timur dengan total investasi mencapai Rp 52,17 triliun.

Sekretaris Kementerian/Sekretaris Utama Kementerian Investasi/BKPM Ikmal Lukman mengatakan, proyek-proyek yang termasuk dalam PPI ini akan menjadi pipeline yang diharapkan membantu pencapaian target investasi Rp 1.650 triliun tahun 2024.

Baca juga: Ini Profil 10 Proyek Prioritas Kalimantan Timur dengan Nilai Fantastis

“Ada 12 proyek PPI telah siap diluncurkan dalam rangka mendukung pembangunan IKN. Kementerian Investasi selalu siap mendukung kesuksesan dan dapat membantu Otorita IKN dalam mempromosikan IKN,” tutur Ikmal yang dikutip Kompas.com, dari laman BKPM, Kamis (25/1/2024).

Salah satu PPI yang dipromosikan adalah pengembangan hortikultura terintegrasi yang masuk dalam sektor agro industri.

Proyek ini berlokasi di Desa Rintik, Kecamatan Babulu, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dengan nilai investasi mencapai Rp 276,07 miliar.

Kawasan Industri Hortikultura Terintegrasi, di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan TimurBKPM Kawasan Industri Hortikultura Terintegrasi, di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur
Mengapa agro industri diprioritaskan?

Ada banyak alasan yang dikemukakan oleh BKPM. Bahwa sektor pertanian memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, di mana salah satu komoditasnya adalah bawang merah dan cabai.

Pada tahun 2050, proyeksi kebutuhan bawang merah dan cabai nasional per kapita, khususnya di Kalimantan Timur dan IKN adalah 200.490 kilogram dan 5.636 kilogram per tahun.

Proyek pengembangan industri hortikultura terintegrasi ini dirancang dengan luas lahan budidaya 65 hektar dengan target produksi sebesar 1.500 ton per tahunahun untuk komoditas bawang merah dan 650 ton per tahun untuk komoditas cabai merah.

Dengan industri pengolahan seluas 5 hektar, dan cold storage 1,5 hektar, produksi yang ditargetkan sebanyak 1.094 ton per tahun untuk pasta bawang merah dan 456 ton per tahun untuk pasta cabai.

Baca juga: Permintaan Meningkat, Hotel Bintang 5 Baru Hadir di Balikpapan

Dikatakan BKPM, proyek ini merupakan strategi pertanian berkelanjutan yang mengakselerasi perekonomian untuk mendukung IKN dengan melibatkan petani sekitar dan menggunakan teknologi smart farming system.

Keunggulan yang didapat adalah lahan tersebut sudah sesuai dengan peruntukan lahan dan berada dalam kawasan hortikultura.

Selain itu, akses jalan yang terhubung dengan jalan arteri (jalan provinsi), akses Pelabuhan Penajam berjarak  64 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam, lokasi terlayani jaringan listrik, dan jarak dengan sumber air Waduk Babulu darat 2 kilometer.

Sederet insentif

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com