Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OIKN dan Bank Mandiri Kolaborasi Luncurkan Uang Elektronik "Nusantara"

Kompas.com - 29/01/2024, 11:55 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bekerja sama dengan Bank Mandiri dalam bidang finansial, untuk mewujudkan IKN sebagai kota cerdas yang terdigitalisasi. 

Kerja sama ini diwujudkan salah satunya lewat peluncuran e-money Nusantara dalam kegiatan Nusantara Fair 2024 di Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, peluncuran e-money Nusantara ini merupakan langkah inovatif dalam mengenalkan logo Nusantara sekaligus salah satu upaya mewujudkan kota cerdas Ibu Kota Nusantara dengan menghadirkan E-money Nusantara.

"Peluncuran E-money nusantara ini tidak hanya memberikan kemudahan saat bertransaksi, namun juga menjadi instrumen penting dalam mendukung inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi," ujar Bambang saat Nusantara Fair 2024 di Jakarta, Jumat. 

Baca juga: Layanan Digital Percepat Inklusi Keuangan di ASEAN

Dorong cashless society

Menurutnya, kerja sama dalam hal digital financing sangatlah penting, karena sejalan dengan IKN Nusantara yang mengusung konsep smart city.

Dalam membangun kota pintar, terdapat enam pilar yang salah satunya merupakan smart economy. Dikutip dari laman Ditjen Aplikasi Informatika, salah satu bentuk pilar ini adalah adanya implementasi teknologi dalam proses transaksi non-tunai (cashless). 

"Karena nantinya di IKN itu Insya Allah cashless ya semuanya, nanti akan pakai digital sehingga kita harus mempersiapkan itu dengan baik," imbuh Bambang. 

Baca juga:

Sementara itu, Wakil Direktur Bank Mandiri, Alexa Askandar yang hadir dalam peluncuran juga mengungkapkan harapannya. 

"E-money berdesain khusus ini bisa didapatkan mulai tanggal 29 Januari, Senin depan, semoga apa yang menjadi cita-cita besar kita terwujud, berkah, dan memberikan manfaat luas," ujar Alexa. 

Ia mengatakan, e-money Nusantara memberikan akses yang lebih mudah dan cepat dalam melakukan transaksi sehari-hari.

Selain itu, melalui berbagai inisiatif inklusi keuangan, dalam kolaborasi antara Otorita IKN dan Bank Mandiri juga diharapkan dapat terus bersinergi memberikan dorongan positif pada upaya percepatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Nusantara.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com