Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2024, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya kantor BPJS Kesehatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam agendanya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024), juga meresmikan groundbreaking (peletakan batu pertama) Telkom Smart Office.

Acara yang diresmikan oleh Jokowi ini menjadi manifestasi dari kolaborasi Otorita IKN (OIKN) dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dalam mendukung percepatan pembangunan Nusantara melalui infrastruktur telekomunikasi modern.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakan, pihaknya berharap sinergi dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom dapat berkontribusi untuk mempercepat digitalisasi di Nusantara dalam berbagai aspek.

Baca juga: Jokowi Pastikan 47 Tower Rusun ASN IKN Beres Akhir November

Sementara Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menekankan, Telkom Smart Office adalah langkah konkret perseroan dalam mendukung kemajuan perekonomian nasional melalui digitalisasi.

Menurut dia, digitalisasi bukan hanya kebutuhan, tetapi menjadi katalisator utama dalam mendorong kemajuan perekonomian nasional.

"Groundbreaking Telkom Smart Office IKN ini merupakan wujud dukungan Telkom dalam ekosistem digital di wilayah IKN," katanya dalam peresmian Telkom Smart Office.

Telkom Smart Office akan dibangun di atas tanah seluas 0,53 hektar dengan estimasi investasi mencapai Rp 330 miliar dalam dua tahap yaitu TSO Shelter dan TSO Ultimate.

Ini mencakup layanan telekomunikasi untuk aktivitas pemerintahan pada tahap pertama dan menjadi pusat digital yang sepenuhnya mendukung IKN sebagai smart city pada akhir tahun 2026 dalam tahap kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com