Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN UID Kaltimra Berangkatkan 855 Pemudik via Pelabuhan Semayang

Kompas.com - 07/04/2024, 19:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Sebanyak 855 orang peserta Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 secara resmi dilakukan di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (7/4/2024).

Pelepasan secara resmi oleh General Manager PLN UID Kaltimra Agung Murdifi, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto, Danlanal Balikpapan Kol Laut Edi Kiswanto, Danlanud Balikpapan David Ali, dan KSOP I Balikpapan Bharto Ari Raharjo.

Program mudik bareng di Balikpapan ini merupakan kali pertama yang digelar di Kalimantan, dan bagian dari rangkaian program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 secara Nasional.

Agung mengatakan, mudik asyik bersama ini wujud nyata PLN dalam mendukung masyarakat melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman.

Baca juga: Meski Ditinggal Mudik, Kondisi IKN Dipastikan Aman dan Terkendali

"Kami tak hanya menyediakan moda transportasi, melainkan juga menyelenggarakan mudik yang aman, nyaman, tertib, dan selamat," ujar Agung.

Menurut Agung, PLN UID Kaltimra menyediakan total 10.200 kursi untuk pemudik. Mencakup tiga bus sebanyak 120 peserta yang mengikuti mudik bareng dengan tujuan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kemudian 500 peserta untuk tujuan Parepare dan Makassar, Sulawesi Selatan, serta Surabaya, Jawa Timur, dengan jumlah 355 peserta.

Dengan demikian, pemudik yang diberangkatkan melalui Pelabuhan Semayang, sebanyak 855 orang.

"Mudik asyik ini diharapkan dapat mengurai kepadatan dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat," cetus Agung.

Dan sebagai bentuk tanggung jawab PLN sebagai penyelenggara mudik, seluruh peserta telah diasuransikan. Hak ini untuk memastikan para pemudik aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.

Sementara itu, Pj Gubernur Kaltim Akmal malik mengucapkan rasa bangga dan syukurnya karena dapat melepaskan para pemudik kumpul kembali bersama keluarga setelah berbulan-bulan di perantauan.

Baca juga: Begini Suasana Ramadhan di IKN, Kumandang Adzan, Gemerlap Lampu Proyek, dan Rajutan Keberagaman

"Mudik merupakan tradisi yang telah berlangsung selama bertahun-tahun, jadi ini kami apresiasi dengan baik," imbuh akmal.

Secara umum, para pemudik yang menggunakan jasa Pelabuhan Semayang hingga artikel ini diturunkan sebanyak 2.134 orang untuk tujuan Parepare, dan Makassar dengan kapal Lembalu.

Sementara perjalanan kedua akan diberangkatkan pada pukul 23.59 WITA untuk tujuan Surabaya, Jawa Timur, sebanyak 3.090.

Dengan demikian total pemudik yang diberangkatkan pada hari Minggu (7/4/2024) sebanyak 5.224 orang.

Adapun prediksi penumpang pada Senin (8/4/2024) sebanyak 3.663 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com