Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terus Dikebut, Jalan Tol IKN Karang Joang-KKT Kariangau Tembus 76,88 Persen

Kompas.com - 24/04/2024, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSANTARA, KOMPAS.com - Infrastruktur konektivitas Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terus dikebut pekerjaannya adalah Jalan Tol IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Karingau.

Bukan tanpa alasan, sebab jalan berbayar ini merupakan infrastruktur yang akan ditargetkan dapat dilintasi para tamu penting untuk menghadiri upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.

EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Adjib Al Hakim mengungkapkan, proyek Tol IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Karingau, ditargetkan fungsional pada bulan Juli 2024.

Baca juga: Pekerja Ditambah Jadi 458 Orang, Menhub Optimistis Bandara VVIP IKN Bisa Diuji Coba Juli

"Sepanjang satu kilometer diharapkan fungsional dengan tingkat kesiapan mencapai 70 persen," ujar Adjib kepada Kompas.com, Selasa (23/4/2024).

Sementara secara umum, perkembangan fisik jalan tol dengan panjang 13,4 kilometer telah berada pada angka 76,88 persen hingga April ini.

Selain Tol IKN Segmen 3A Karang Joang-KKT Kariangau, Hutama Karya juga tercatat mengerjakan delapan proyek lainnya.

Rinciannya, Bandara VVIP IKN dengan progres 29,45 persen, dan Rumah Susun (Rusun) ASN 2 dengan perkembangan 29,31 persen.

Kemudian Rumah Sakit IKN yang menunjukkan kemajuan 27,31 persen, dan Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator 2 yang meningkat konstruksinya menjadi 26,55 persen.

Baca juga: IBM Bakal Uji Coba Teknologi Manajemen Aset Berbasis IoT dan AI di IKN

Berikutnya Tol IKN Segmen Pulau Balang-Sp. Riko (5B) dengan progres 12,53 persen, dan Sarana Prasarana IB dengan kemajuan 7,57 persen.

Selanjutnya, Proyek Jaringan Perpipaan Air Limbah 1 dan 3 KIPP dengan perkembangan 7,13 persen, dan Pembangunan Kawasan Masjid Negara IKN yang masih berada pada level 2,87 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com