Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2024, 14:12 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Relokasi ibu kota dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur, berdampak positif terhadap sektor properti, terutama hunian.

Kendati pembangunan ibu kota nusantara (IKN) masih berlangsung dan belum menampakkan wujud sebuah kota, namun permintaan akan hunian terus berdatangan.

Seperti yang dialami PT Ciputra Development Tbk (CTRA). Pengembang yang dirintis oleh begawan properti, mendiang Ciputra, ini mendulang dampak positif dari relokasi IKN.

Dari informasi yang dihimpun Kompas.com, unit-unit siap huni Citra City Balikpapan telah dipesan oleh Kementerian/Lembaga untuk mendukung kinerja mereka selama bertugas di IKN.

Fenomena serupa juga dirasakan Agung Podomoro Group (APG). Seluruh unit-unit residensialnya di Borneo Bay Residence yang berada dalam kompleks Borneo Bay City telah terjual hampir 100 persen.

Baca juga: Groundbreaking Kelima IKN, Ada Perbankan, Hunian, hingga Convention Center

Sebelumnya, penjualan sempat melambat karena terhambat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, perusahaan melanjutkan pembangunan unit-unit SOHO Tahap 2. Dalam waktu dekat ini, akan segera dipasarkan, SOHO dua lantai dengan lebar 6x8 meter persegi dan 4x15 meter persegi.

Dalam pembangunan SOHO Tahap 2 ini, APG menghadirkan konsep berbeda. Pada sisi depan SOHO menghadap ke Plaza Mall dengan boulevard lebar, sementara sisi belakangnya menghadap ke laut.

"Konsep ini merupakan satu-satunya di Balikpapan," klaim Marketing Drector APG Agung Wirajaya.

SOHO Tahap 2 ini merupakan penyempurnaan dari SOHO Tahap 1, yang terserap 100 persen dengan tingkat pembangunan mencapai 90 persen.

Klaim-klain ini menguatkan laporan Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI) yang menunjukkan Indeks Harga Properti Residensial Triwulan III-2023 di Balikpapan tumbuh 1,92 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sekitar 1,32 persen.

Dengan terus bertumbuh positifnya perekonomian di Kalimantan Timur, diperkirakan permintaan terhadap properti residensial dan komersial pun akan semakin kuat.

Pada gilirannya, kondisi ini dianggap akan semakin menggerakkan roda pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur.

Baca juga: Ketika Jargon Senin Harga IKN Naik Mengemuka di Kota Kasablanka

Per Kuartal III-2023, Kalimantan Timur mencatatkan pertumbuhan 5,29 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Kinerja tersebut bahkan lebih tinggi di atas pertumbuhan ekonomi Nasional sebesar 4,94 persen yoy.

Tentu saja indikator-indikator tersebut memberi angin segar bagi Balikpapan, dan juga kota lainnya di Kalimantan Timur seperti Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara, Tenggarong, dan Sangatta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com