Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2024, 12:37 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki peta jalan atau roadmap mengenai perubahan iklim (climate change).

Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono mengungkapkan konsep tersebut bahkan sudah diluncurkan di Dubai bulan Desember lalu.

“Nusantara adalah kota permata adan dan satu-satunya di Indonesia yang punya peta jalan untuk climate change Kita sudah luncurkan di Dubai waktu konferensi perubahan iklim pada bulan Desember lalu,” ungkap Bambang dalam Seminar Masa Depan Pasca IKN, Sabtu (17/2/2023).

Baca juga: Sejauh Mana Kesiapan Infrastruktur Dasar Ibu Kota Nusantara?

Pembangunan IKN mendapatkan dukungan yang besar dari masyarakat internasional karena banyaknya nilai positif yang ditawarkan.

Selain memiliki komitmen untuk mengatasi perubahan iklim, Nusantara juga memiliki Sustainable Development Goals (SDGs) dan upaya pelestarian keanekaragaman hayati.


“Minggu depan saya akan meluncurkan peta jalan untuk SDGs tahun 2030,” jelasnya.

Dia mengakui, IKN bukan kota pertama yang punya SDGs 30 karena Jakarta dan Surabaya punya rancangan tersebut.

Baca juga: Urgensi Segera Realisasi Transportasi Publik di IKN Nusantara

Namun Bambang memastikan SDGs dari IKN akan menjadi yang terbaik karena akan terus dipantau dengan target-target sudah terukur dan berdasarkan pada ilmu pengetahuan.

Tak sampai disitu, IKN juga memiliki roadmap untuk memelihara keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar.

“Bulan Maret nanti, kita juga akan meluncurkan peta jalan untuk biodiversity. Banyak hutan yang sudah rusak disini dan akibatnya banyak flora dan fauna kita yang terancam musnah.Ini kita berusaha mengembalikannya,” tambah Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com