Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/02/2024, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan tiga proyek kantor perbankan dan perjanjian kerja sama (PKS) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (29/2/2024) siang ini.

Tiga proyek sektor perbankan tersebut masing-masing meliputi Kantor Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI.

Sementara satu lainnya adalah PKS antara Otoritas Jasa Keuangan dan (OJK) dengan Otorita IKN (OIKN) untuk menentukan lokasi kantor OJK di IKN.

Ketiga proyek kantor perbankan dan satu PKS ini merupakan bagian dari delapan groundbreaking proyek Tahap V. Lima proyek lainnya akan dimulai pembangunannya pada Jumat (1/3/2024).

Baca juga: Ini Daftar Proyek Baru IKN yang Mulai Dibangun Kamis dan Jumat

Kelima proyek tersebut meliputi kantor BPJS Kesehatan, Bank Kaltimtara, Telkom Indonesia, Mini Studio Nusantara TVRI, dan Command Center IKN.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN (OIKN) Agung Wicaksono mengatakan, kantor layanan perbankan terdapat di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

"Pusat layanan perbankan ini akan diawali dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara OIKN dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," ujar Agung dalam media briefing dalam jaringan, Selasa (27/2/2024).

Namun demikian, Agung tidak membocorkan berapa total nilai investasi yang berhasil terserap lewat groundbreaking kelima ini.

Agung hanya memberikan perkiraan, total nilai investasinya bisa menuju Rp 50 triliun.

Adapun hingga groundbreaking keempat pada Januari 2024 kemarin, total nilai investasi yang masuk ke IKN lewat proyek swasta dan publik menyentuh angka Rp 47,5 triliun.

"Total nilai investasi kita bisa lihat menjelang acara atau setelah acara, masih dihitung secara detail, tetapi kita semakin mendekati Rp 50 triliun," tuntas Agung.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com